Selasa, 03 Juli 2007

bye bye kami omutsu

Ada sedikit kekhawatiranku ketika hari masuk sekolah taman kanak kanak  Salman semakin dekat. Empat tahun usianya, tapi selalu lupa bilang mau pipis. Bukan lupa aku pikir, tapi aku ibunya yang kurang telaten mengajak Salman pergi ke toilet. Setiap aku sedang sibuk  merawat  sumayya,Salman tak kan mau bilang bila dia ingin ke toilet. Akhirnya akupun tak mau repot, biarlah popok kertas menjadi " pembantu"  diriku merawat anak anak balitaku, membantuku meringankan mengurusi ompol ,sementara pekerjaan rumah yang lain menungguku. Ini karena di jepang popok diapers cukup murah dibanding tenaga nyuci popok kain

Ketika Salman ulang tahun ke-4, aku sudah mulai lebih sering cerita tentang sekolah dan cerita cerita tentang senangnya pergi ke toire,  karena tidak ada pipis lagi di popok dan tidak bau, juga tidak ada " beban berat " lagi di celana,pastilah nyaman.

Ketika pergi ke "Tsubasa Youchien" untuk ngukur seragam, Salman menolak untuk  mencoba ukuran celana, akhirnya aku bisik-bisik ke bu Guru, kalo Salman masih berpopok :D,ibu guru pun memberikan komentar yang menyenangkan sehingga kekhawatiranku hilang." tidak mengapa,nanti di sekolah dilatih pergi ke toilet"

suatu ketika percakapan dengan Salman yg bikin aku geli:

ummi: " mas Salman, sudah mau sekolah masih pake popok ya? nggak malu?

Salman: " dede nggak pakai popok kok ummi... dede pake pantsu.(celdam)"

ummi: " he..ini kan popok ...??"

Salman: " bukan..ini supaa pantsu..." ( celdam  super )

ummi: "oh.. bukan popok ya??? :D :D(dapat istilah dari mana ini Salman* dlm hati penuh tanda "??" n senyam senyum sendiri aku )

Sebelum masuk sekolah " sungguhan".."pura-pura" Salman sekolah di "Pierrot  house" ruang bermain untuk anak-anak yang disediakan cuma-cuma bagi yang ingin bermain bersama balita dan para ibu, setiap hari Selasa dan kamis,dari jam 10 s/d 12 siang.  Kesempatan untuk" toilet training " pikirku. Salman selalu ku ajak pipis di toilet yang" imut "  dan lucu khusus didesain untuk para bocah. 

Hari pertama masuk sekolah,Salman menolak memakai popok. tanpa paksaan  Salman lepas "kami omutsu".  Aku pun percaya insyaAllah Salman  berani dan bisa pergi ke Toilet sendiri seperti yang kuajarkan ketika bermain di "Pierrot House" . Tiba di" genkan"(pintu masuk sekolah) sekali lagi kuingatkan  " kalau ingin pipis ke toire ya mas.." " toire yang lucu itu..." kalo tidak berani minta tolong antar ibu guru..." Kepada ibu Guru wali kelas aku titipkan pesan, ini pertama kali Salman lepas popok.  Dan akhirnya...kulepas Salman pertama kali disekolah bersamaan dengan  pertama kali lepasnya "kami omutsu".

Alhamdulillah.... legaaaaa sekali ketika kujemput Salman pulang Sekolah di hari pertama itu. Ibu Guru mengatakan  Salman  bisa pergi sendiri ke toilet. Diperjalanan pulang Salman mulai bercerita tentang "senangnya" toire sendiri. 

Dan mulai saat itu .....bye-bye kami omutsu.......

====================================================================

# pengalaman lepas popok  dan toilet training setiap anak berbeda beda,banyak faktor yang mempengaruhinya seperti, sifat bawaan anak,apakah pemalu,periang, ceriwis,faktor psikis. Juga faktor keadaan lingkungan keluarga, ketelatenan sang ibu dan ayah dalam melatih si buah hati#

ini berdasarkan pengalaman toilet training  mas Said dan mas Salman yang sangat berbeda  said 2th lepas popok, salman 4 th lepas popok, sumayya berapa th yaaaa nanti ????

#sedikit tips toilet training#

- kenali tanda anak ingin bab atau pipis, misal gelisah,lompat lompat.pergi ketempat tertentu (misalketika tengah bermain  tiba tiba ke kamar bobo selimutan)  atau waktu2 tertentu bila teratur jam buang nya.

-ajaklah anak ke toilet dengan bertanya "mau pipis?" atau" mau pup?" yuk ke toire yuk "

-Bila anak gelisah berlebihan mau "bab" peluklah  atau genggam kedua telapak tangannya ketika di wc , rasa nyaman akan memudahkan buang hajatnya.

-semangati dengan pujian bila selesai toire .

-Biar tidak ngompol waktu tidur  , bila anak mulai kurang nyenyak tidur, bergerak gerak, atau kadang pegang kemaluannya , mungkin tanda mau pipis, segera angkat(bila masih ringan digendong , atau ajak ke kamar kecil untuk pipis.

-ketelatenan serta perhatian ibu dan ayah sangat mendukung berhasilnya training

-Cari sebab anak takut ke toilet, mungkin gelap, bau, kotor, atau yang lain dan hilangkan penyebab anak takut ke toilet.( harus sering cek kebersihan dan kenyamanan kamar kecil

- banyak alat peraga/ alat bantu yang menarik untuk mengajak anak pergi ke toilet.( bila diperlukan )

 semoga bermanfaat

21 komentar:

  1. Nah...tinggal Sumayya nih.....
    Dari sekarang aja mbak toire treningnya......

    BalasHapus
  2. sudah mulai kok mba Enit.... tapi baru "bab" nya :D, kalo pipis belum nih....*dasar males*

    BalasHapus
  3. alhamdulillah mas salman udah bebas popok. adil juga udah mbak, dan ternyata nggak se susah yang saya bayangkan....

    BalasHapus
  4. alhamdulillah,.. ummi tentu senang yaa....smg sumayya juga segera mengikuti jejak mas2nya, amin...

    BalasHapus
  5. kangeennn.... *titik*  ^_^

    BalasHapus
  6. terima kasih sharingnya mbak..nanti dicoba buat Lula..selamat buat mas salman yaa..*_*

    BalasHapus
  7. selamat.......................

    BalasHapus
  8. alhamdulillah akhirnya ada jalannya ya mbak... senengnya ya setiap ada perkembangan baik dari anak kita, kebahagiaan yg tak terhingga bagi kita ortunya...!!!

    BalasHapus
  9. tinggal Azzam dong ya... karena dulu said gampang, ternyata salman gak semudah itu, makanya pingin share pengalaman ini....

    BalasHapus
  10. tinggal Azzam dong ya... karena dulu said gampang, ternyata salman gak semudah itu, makanya pingin share pengalaman ini....

    BalasHapus
  11. alhamdulillah,... senaaaaang banget mba na...:x

    BalasHapus
  12. pokok-e.. daku juga kangen teh...*kapan ya ke tokyo*

    BalasHapus
  13. sama sama mba Yati, terima kasih, salam kembali buat Ito n Lula :x

    BalasHapus
  14. iya teh Rin,....krn dulu saya pernah lihat kasus anak masih ngompol, dan dibilang ada masalah psikologis, jadi khawatir..... Alhamdulillah salman sudah bisa bilang dan tidak ngompol waktu tidur.

    BalasHapus
  15. he..he.. sama dg aziz umur 4 th baru betul2 bebas popok

    BalasHapus
  16. kalau ahwaz sejak umur 3 th latihannya cuma 2 minggu tapi ini batris ngk tahu juga sampe kapan ya... setiap anak^anak memang beda-beda ya mbak..

    BalasHapus
  17. Ahwaz lepas popok umur 3 thn latihan nya 3 minggu tapi ngk tahu nih batris sampe umur berapa setiap anak beda-beda ya...selamat salman gambatte ne...

    BalasHapus
  18. ohya...mba Reni :) azis sudah tk juga ya?

    BalasHapus
  19. arigatou tante Nonong....Batris juga semoga mudah lepas popok nya amin :x

    BalasHapus
  20. Salman ganbatta ne,...
    terima kasih tips nya mbak rahma,...benar ya mbak,.musti disesuaikan dg keadaan dan lingkungan anak.
    reina juga dulu waktu mau masuk yochien toilet trainingnya 1 bulan sebelum masuk yochien. ga tahu ini hannou sampe umur berapa

    BalasHapus