Senin, 06 Agustus 2007

siapa yg ngerti mesin jahit?tolong dong.....

Sahabat MP ers.....

ada tetangga saya yg baru saja dibelikan mesin jahit di toko bekas.....lumayan masih bagus merk brother- sincere...nah masalahnya...dia blm  tahu cara mengoperasikan mesin ini. setelah saya lihat..mesin jahitnya  ternyata "lebih muda" dari mesin jahit saya dirumah...bedanya ya lebih canggih dikitan lah ^_^....karena gak ada "guide book" nya...saya kesulitan ketika mengoperasikan benang bawah..alias " spul" mesin.

mesin ini digital..dan spulnya menghadap ke atas....kalo yg model lama kan berdiri ya.. trus.. benang bawah dipancing ke atas, dg menurunkan jarum nya.....tapi....mesin teman saya ini...setelah spull dipasang...bgmn cara mengeluarkan benang bawahnya agar siap  dioperasikan.????? sdh saya coba  utak atik blm bisa juga ketemu .....atau mesin ini sdh rusak ya?? 

minta tolong sahabat n teman...yg tahu permesinan jahit "oshiete kudasai".......kasih tahu ke saya ya......onegaishimasu.....

sebelumnya terima kasih sekali.....saya tunggu..infonya....

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

22 komentar:

  1. malah mau tanya, emang mesin jahit jepang bisa dibawa ya di ina,.............listriknya beda tegangannya kan?

    BalasHapus
  2. gomennasai mbak..belum pernah beli mesin jahit disini semoga yang lain ada yang tahu yaaa...

    BalasHapus
  3. bisa dipakai dg stepdown/trafo ya..kalo gak salah :p

    BalasHapus
  4. gpp mba Yati... terimakasih replynya:x (ini mesin jahit saya cuma 1000 yen dpt di bazar th 2001 dulu...)

    BalasHapus
  5. Mbak Rahma.....saya juga punya mesin jahit ys spulnya menghadap keatas ( merk Brother - Inovis ), kalo mesin saya, pencet aja tombol bergambar jarum nanti benang bawahnya naik sendiri.

    BalasHapus
  6. terima kasih mba enit:x nanti saya coba ya...itu mesin jahit tetangga nginep di apato saya :D
    (tetangga saya ini org egypt)

    BalasHapus
  7. mba Enit....tombol bergambar jarumnya gak ada nih...
    trus poros tempat spull itu sebutir besi bentuknya mirip kapsul dibelah....
    ada maghnet untuk merekatkannya...
    sdh dicoba... tapi spull gak mau muter..:(

    BalasHapus
  8. Emang beda dg mesinku, gimana kalau setelah benang dimasukkan di spulnya trus putar sedikit putaran yg disamping kanan mesin itu lho mbak......kali aja bisa....
    Mesinku nggak ada apa2 ditengah spulnya ^_^

    BalasHapus
  9. sdh dicoba mba Enit..tapi gak berputar juga...:(

    BalasHapus
  10. Wah, kalo nggak bisa juga, nyerah deh......
    Gomen ne mbak Rahma....

    BalasHapus
  11. Browsing aja di internet nyari manualnya mbak.....
    Ada no serinya kan.....cari di google gitu lho....

    BalasHapus
  12. terima kasih sekali mba Enit...maaf juga gangguin waktu mba enit :)
    saya juga sdh coba google.. tapi blm nemu.....

    BalasHapus
  13. mbak rahmah, coba kasih tahu jenis (merek) dan nomor serinya, ntar saya cariin di internet.

    BalasHapus
  14. terima kasih nesia:x
    mereknya "brother" -sincere. no mesinnya yg tertulis dibawah ZZ 3-B120 NO 01011846

    BalasHapus
  15. terima kasih nesia:x
    mereknya "brother" -sincere. no mesinnya yg tertulis dibawah ZZ 3-B120 NO 01011846

    BalasHapus
  16. terima kasih nesia:x
    mereknya "brother" -sincere. no mesinnya yg tertulis dibawah ZZ 3-B120 NO 01011846

    BalasHapus
  17. terima kasih nesia:x
    mereknya "brother" -sincere. no mesinnya yg tertulis dibawah ZZ 3-B120 NO 01011846

    BalasHapus
  18. kayaknya bukan itu mbak rahmah, mesin jahit brother saya PS-40 , nomor ini tertera menyolok di badan atau cover mesinnya. nomor yang mbak rahmah lihat itu kayaknya nomor yang di bawah mesin, gak langsung kelihatan saat mesin diletakkan. anyway, apa tempat benang bawahnya itu ada penutupnya dari plastik? punya saya iya, dan sebelum ditutup, benang bawah itu harus dililitnya ke sisi kiri, ada tempat jalur benangnya. ntar di ujung jalur benang itu, ada bagian tajam untuk memotong benang bawah tersebut. setelah terpotong, baru deh ditutup. kalau masih belum bisa juga, kasih tahu ajah lagi nomor serinya. Atau coba lihat-lihat di sini, siapa tahu ada yang sama (bisa didownload petunjuknya) : http://www.brother.co.jp/product/hsm/catalog/

    BalasHapus
  19. mba Rahmah, coba difoto aja gambar mesin ama spull nya spy kebayang, di rumah ada yg dari mba inna, untuk ngeluarin bnang dari spull pake muter yg gede di pojok kanan, kynya yg ini beda ya..

    BalasHapus
  20. maaf mba ngga bisa bantu, mesin jahit di rumah kebetulan yg generasi eyang-eyang nih :D

    BalasHapus
  21. iya nes...tempat benang bawah tutupnya dr plastik...sdh saya lilitkan spt petunjuk gambar kecil yg nempel disitu...cuma di gambar itu ada panah keatas.... nah ....sampai disini masih bingung... yg buat motong benang ada diatas.

    oh ya no serinya gak ada...cuma tulisan" brother-sincere" aja...mesin compact ..mirip2 yg seri BS 40 BS 20 tapi ini milih jahitannya tinggal pijit tombol/digital
    terimakasih banget ya..nanti dicoba lagi.....:)

    BalasHapus