Kamis, 16 Oktober 2008

ummi harus belajar dari eyang putri

Salah satu yang ummi harus belajar dari Eyang Sutanti adalah keuletan dan kesabaran nya mendidik dan membesarkan 5 putra dan 1 putrinya.

Masih ingat pesan  almarhum bapak mertua, ketika ummi masih jadi menantu barunya dulu dan ditinggal pergi ke jepang  dua pekan setelah akad nikah. Ummi diwajibkan" apel "di akhir pekan bila di kampus tidak ada kegiatan.  " ibumu itu suaranya kenceng/keras..tapi jangan takut hatinya baik dan lembut " begitu pesan beliau.

Ternyata suara ibu yang terdengar lantang, keras karena memang bentukan medan kehidupan beliau dulu yang harus mandiri dan setelah berkeluarga harus membantu suami( bapak) yang membesarkan ke 6 buah hatinya.

Bapak yang seorang guru,kepala sekolah SD di kampung dan ibu membantu berjualan kebutuhan rumah tangga dengan warung sederhananya. Dengan harapan anak-anak mereka bisa bersekolah menuntut ilmu setinggi -tingginya.

Lebaran tahun ini,anak anak itu berkumpul dan mereka tidak anak-anak lagi^_^  tapi ketika eyang memanggil nama mereka satu persatu,  datanglah anak-anak eyang itu , sesekali memijit kaki tua eyang putri...bergantian....bercerita tentang keluarga kecilnya..cucunya eyang..walopun eyang tak bisa menatap wajah lucu para cucu, karena penglihatannya tak lagi berfungsi.

 ummi harus belajar tentang ketelatenan, mendidik jagoan cilik ummi  walopun ternyata volume ummi jadi sedikit meninggi ^_^  ( ummi baru punya dua orang anak laki, kalah sama eyang yg 5 orang jagoan )

Alhamdulillah dengan mencintai ibu mertua seperti ibu sendiri meminimalkan cerita ketidak cocokan antara anak menantu dan ibu mertua .

*********************************************************************************************************

foto edy bersaudara: pakdhe dan buliknya trio S ( sambil latihan nulis gelar yang benar...kalo salah mohon dikoreksi ya..^_^)

1. Pakdhe Iskandar Subagya,SH,MsH

2. Pakdhe  Ir. Danang Suprapta

3 .Pakdhe Rusdiyanta,SiP,Msi

4. Pakdhe Kompol.Danu Wiyata, SpD, Msc

5. abi Edy Marwanta,Dr, Eng

6. Bulik Eni Widyastuti, SH

Komentar pakdhe pakdhe lihat foto ini:" loh rambut kita kok sdh menipis yah..." :D :D :D

 

9 komentar:

  1. Buliknya trio S cantiiikkkk :D

    BalasHapus
  2. Mba jadi menitikkan air mata nih teringat mama dan ibu,..makasih ceritanya mba membangkitkan cintaku pada mertua .... sbb mereka ortu kita juga....

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah teh Ira... saya masih bisa banyak belajar dari beliau, dapat nasihat dari beliau ...

    BalasHapus
  4. iya bener..apalagi di antara 5 saudara laki2 nya :D

    BalasHapus
  5. Ju...*hug*
    sebenarnya masih sedikit sekali yg ku perbuat untuk ibu mertua..krn lama berjauhan tempat tinggal..

    BalasHapus
  6. as-salaamu'alaikum,
    hhmm...pa mbak rahma ini kakaknya mbak sari (syarifah ratnasari) dan kakak iparnya mbak eni (eni widyastuti) ya..? keduanya pernah jd temen sekelas waktu di smansa, jg mas arya dananjaya (sepupunya mbak sari?). sekedar pengin tahu, manggen wonten pundi sakniki mbak2 punika nggih..?
    salam buat mas edy marwanta (bukan marwanto ya..^_^)
    terakhir ketemu 15 thn yg lalu masih kurus, bareng naik bis jogja solo dari warung kidul, beda dgn skrg sdh gemuk dan kacamataan, serta bertampang eksekutif muda dari desa jerukan..^_^

    BalasHapus
  7. wa'alaikumussalam..

    wah benar semua om heri.....sari dan eni adik saya, alhamdulillah mereka sdh berkeluarga
    sari masih di klaten, trucuk, sedang kan eni di jakarta .

    sepupu saya , aria dananjaya di klaten juga

    yang benar mas edy itu dari desa" kalinampu" ^_^

    BalasHapus
  8. assalamu'alaikum,
    tak sengaja pas gugling 'danu wiyata', eee...ketemu blog ini. alhamdulillah, sebab dengan 'pakde' danu, hampir 15 tahun tidak ketemu. rambut depan sudah lumayan habis ternyata. tapi yang dipundak sudah jadi melati.
    trus ingat...pas masih sama-sama tinggal di gubug derita. makan ...mi plus air banyak, bayam dan...rumput (biasanya sengaja saya campur biar jadi banyak. he...7x). tapi urusan pimpin memimpin memang sudah jagonya.
    maaf ya, jadi ngelantur. salam saja untuk pakde danu dari pak camat (http://matahatiku.co.cc/). juga untuk eyang di klaten. sangat baik dan real wellcome, biasanya kita ke sana liwetan. musyawarah anggota juga pernah di sana. nginep-nginep lagi. semoga sehat selalu. oh ya. pakde danu masih di tangerang tidak?
    syukron, jazakumulloh khoiron.

    BalasHapus