Kamis, 01 November 2007

nyupir^_^

Kalau nyupir mobil aku belum pernah ^_^ yang tiap hari harus kukerjakan  adalah nyupir= nyuci piring^_^ nah ini suatu keharusan.

Dulu ketika masih gadis, nyupir adalah suatu pekerjaan yang hampir selalu didelegasikan ke asisten kerjaan rumah tangga ibu. Tapi setelah menginjak bangku kuliah, sudah mulai harus latihan hidup sendiri, ngekost, kalo gak nyupir bekakas dapur sendiri gak akan ada yg nyuciin, seharian itu perabotan nongkrong aja didapur,gak ada yg nyulap jadi bersih *criing*.

Di indonesia  biasanya ada pembantu  walaupun hanya paruh waktu atau 3 jam saja untuk beres2 dan bersih bersih rumah. Bahkan pernah dapat cerita dari teman yang pulang liburan dari jepang ke ina, ketika mau nyupir dilarang oleh ibunya, karena besuk pagi pembantunya gak punya kerjaan ^_^ =cucian piring gak ada.=

Ada cerita seorang teman yang baru datang ke jepang menemani suami belajar, dan baru pertama kali mengerjakan pekerjaan RT sendirian, dia males sekali nyupir, dibiarkan saja itu piring bekas di bak dapur. Ketika jam makan tiba, dia makan dengan piring yang masih bersih di rak dapur...akhirnya ketika mau makan dia pun kehabisan piring ^_^

Ada lagi cerita salah satu tante saya, yang selalu menolak bagian kerja bakti nyupir kalo kita sedang ada hajatan keluarga ^_^ atau tugas harian nyupir....usut diusut ternyata.......tante kimochiwarui...(jijai)dg sisa2 makanan.

Kembali ke nyupir tadi.... kita di jepang sudah mulai musim dingin, air sudah seperti air es dinginnya( musim panas aja dingin airnya ya...apalagi fuyu...).Pekerjaan nyupir ini sedikit memerlukan energi utk mengusir rasa malas ^_^. Untuk yang keluarga besar seperti kami , bak cuci piring sepertinya gak pernah kosong dehSemoga apato  sahabat semua sudah ada pemanas airnya ya....jadi gak" taihen" harus pindahan nyupir di kamar mandi spt daku duluuuu di th 1998.

Untuk ibu-ibu yg sudah berbuntut lebih dari 2 pastilah bak cucian penuh bila sekali dua kali menunda nyupir.

Sedikit bagi cerita aku nyupir ya....kali aja bermanfaat  mencucinya disarankan dengan air hangat loh ya....

 

1. Kalo makan usahakan jangan tersisa,nasi atau lauknya, piring bersih dr sisa makanan.

ini bukan berarti tulang dan duri dimakan juga, tapi..jangan sampai butir nasi masih tersisa gak kita makan. untuk menghindari kesan" jijai"spt kasus tante saya tadi :D . kalo kita ambilkan jatah makan anak kita yg masih kecil sekira dia makan habis. Kalo gak habis ...biasanya perut ibu jadi tong sampahnya.biar gak mubadzir....kecuali terpaksa sekali buang ke tempat sampah :(

2. Sisa makanan yg gak bisa dimakan usahakan langsung dibuang ke tempat sampah.

3.Susun perabot dapur sesuai jenis, misal piring ditumpukan piring. sendok jadikan satu dg sendok (bisa digelas besar yg ada dibak cuci --> misalnya ) Dengan begini bisa mengoptimalkan bak cuci piring menampung bekakas kotor dan bikin semangat nyupir  siram / rendam dengan air hangat supaya sisa makanan kering mudah tersaput spon/tawashi

4.Panci/wajan/fry pan, sisihkan dulu...terakhir  juga yang perlu perawatan khusus spt botol bayi, tempat air minum sedotan.

5. Cuci pisau dan ulegkan/layah(batu) terlebih dulu( karena pisau bisa bikin tangan luka dan ulegkan bisa bikin perabot pecah)

6. Setelah itu baru kita cuci gelas/cup , karena gelas tidak berminyak jangan sampai terkotori minyak,mudah disabun , dan cepat dibilas.

7. Selanjutnya sendok ,gosok kepala sendok, kemudian tangkai, satu persatu.kelompokan yg sejenis, bilas(bersamaan ).

8.Bak cuci piring sudah cukup longgar, giliran piring kita cuci.

9.Terakhir cuci panci,wajan/frypan ( perabot2 yang besar) 

10. Bersihan bak cuci piring setelah bersih baru kerjakan mencuci botol,tempat nimun sedotan dan lain2 yg memerlukan ketelitian.

Jangan lupa bacaan "basmallah" biar kerja kita bernilai ibadah....

"nyupir" bukan hanya favorit di musim panas di musim dingin pun ok ^_^ yuk ganbarimasyou

14 komentar:

  1. paling ga suka nyupir T__T
    padahal piring yg dibak cuci biasanya udah bersih, karena sampah yg dipiring sudah dibuang masing2 pengguna piring, trs juga udah disiram sama air.
    bersih tinggal disabuni tapi teteppp sebel kalo nyupir.

    BalasHapus
  2. He...he.....kalo aku dari kecil udah sering kebagian tugas nyupir mbak......maklum ibu-ku gak pernah punya asisten sejak kita pindah ke lain kota jadi nggak ada jijai2an.....sama aja, sisa makanan kan bukan barang kotor yg menjijik-kan.....^_^

    BalasHapus
  3. tambah satu tipsnya mbak..pakai kaos tangan karet agar tidak dingin (hemat gas) dan tangan tetap mulusss....:D

    BalasHapus
  4. nyupir mungkin bagi kebanyakan orang adalah sebuah pekerjaan yang sepele, tapi subhanallah kalo ikhlas mungkin bisa kita jadikan tabungan amal ya mbak?lumayan khan.....terimakasih sudah mengingatkan.

    BalasHapus
  5. ummi! tulisannya bagus! nyindir banget tapi sekaligus ngasih solusi! hahaha

    ada cerita seorang teman yang baru datang ke jepang menemani suami belajar, dan baru pertama kali mengerjakan pekerjaan RT sendirian, dia males sekali nyupir, dibiarkan saja itu piring bekas di bak dapur. Ketika jam makan tiba, dia makan dengan piring yang masih bersih di rak dapur...akhirnya ketika mau makan dia pun kehabisan piring ^_^ <--- moshikashite, atashi no koto???? ke-GR-an, hehe *lol* sampe sekarang juga kadang masih suka "kejadian"!

    di jepang sudah mulai musim dingin, air sudah seperti air es dinginnya( musim panas aja dingin airnya ya...apalagi fuyu...) <--- iya, kenapa yah koq bisa gitu??? *bingung*

    thanks sharing tips & pengalamannya! jadi semangat cuci piring nih! udah dulu ya komentarnya, mo cuci piring dulu!!! yoshhhh ganbare!

    BalasHapus
  6. mba Retno...sabar ya..bentar lagi zahro sdh bisa nyupir deh insyaallah :) jadi nyupir sendiri sendiri anak2 :) bantuin ummi :)

    BalasHapus
  7. mba enit...bagus itu tugas nyupir sdh dilatih sedari kecil.. saya juga mau terapkan ke anak anak tapi untuk sementara trioS blm bisa nih mba...mungkin kelas 5 SD atau SMP baru boleh nyupir....kuatir malah main air :D ( kalo ttg jijai nya si tante...hmmm blm ketemu lagi, sejak th 2004 sampai sekarang berkeluarga apakah masih begitu ,blm cerita lagi beliau :D )

    BalasHapus
  8. mba Yati terima kasih tambahan tips nya..:)

    BalasHapus
  9. sama-sama mba ina....
    tulisan ini memang untuk diri saya mba, biar semangat gitu:D Alhamdulillah bila ada yg membaca dan ikut semangat ya...
    BTW di jepang baito /part time nyupir ada juga loh...dan tidak ada yg menyepelekan sepertinya....di jepang semua profesi dihargai ....(1jam kerja sekitar 1000 yen)

    BalasHapus
  10. yeee...Lala GR nih :D......Lala no koto jyanai ...ini cerita teman saya yg sdh balik ke ina th 2002 kok :D maaf ya kalo kesindir....tapi gak ada maksud mo nyindir seseorang kok :x
    kalo gitu stok piring dilebihkan ya :D...atau beli piring kertas, sekali pakai trus buang :D

    air di jepang dingin karena dialirkan lewat pipa besi ditanam dibawah tanah jadi suhunya lebih dingin dari air sumur---> nebak2 ajax_x

    yuk semangat Lala di sekolah dan di rumah

    BalasHapus
  11. hehehe.... iya mba rahma, saja juga males nyuci piring. cuma ya itu kalo udah numpuk makin males lagi jadi mending dicicil (kadang sambil masak sambil nyuci) biar cepet beres dapurnya. kalo suami lagi ada di jepang, tugasnya nyuci piring. hihi... tapi akhir-akhir ini banyakan ngga adanya. shoganai naa...^_^

    BalasHapus
  12. selamat menempuh hidup baru ya mei..bersama si abang :) sering ditinggal abang ya mei? sepi dong :D ganbatte..

    BalasHapus
  13. Jazakillah atas ilmunya. Nyupir pun butuh ilmu ya...

    BalasHapus
  14. waiyyaki mba anna :)....yg tepat "ilmu bela diri dari kemalasan dan kejenuhan " hehe....ini corat coret buat diri saya kok mba anna...kadang bingung mulai dari mana mo kerja beberes rumah..:)

    BalasHapus