Minggu, 14 Oktober 2007

pizza lalala^_^

Rating:
Category:Other
anak- anak kami sangat suka dengan yang namanya pizza atau spaghetti, kebetulan tempat tinggal kami di niigata lumayan dekat dengan "saizeriya" restoran...biar gak tekor..umminya said harus sering2 ngulenin tepung bikin pizza...lumayan...bisa irit uang jajan ^_^

yang penting bisa bikin roti pizza dulu, untuk topping nya suka-suka selera kita,
silahkan mencoba..^_^

bahan roti pizza:
500 gr tepung terigu ( yg biasa untuk bikin roti,ada gambar butter roll atau pizza di bungkusnya )
dry yeast 5 gr atau1/2 sdm
garam 1/2 sdt( sendok kecil)
2 sdm minyak zaitun/olive oil/ minyak sayur biasa juga bisa
air hangat 250 ml

bahan topping:
ikan tuna kaleng 1
saus tomat secukupnya
sosis ayam 2 batang
tomat segar 1 buah ( kalo suka)
oregano(kering) bubuk
bazil(kering) bubuk
jamur mashroom(kalo suka)
keju pizza

cara buat rotinya:
tepung terigu, garam dan yeast masukkan dalam "bowl" aduk2 rata dengan tangan. kemudian masukan olive oil, sambil terus aduk dan masukkan air hangat sedikit sedikit sambil terus diulenin sampai kalis ..lebih kurang 10 menit..tekstur adonan kelihatan halus bulatkan...tutup dg plastik wrap selama 15menit.

waktu nunggu bisa dipakai meracik topping..... tuna kaleng campur dengan saus tomat, tekan tekan ikan tuna hingga halus campur dg saus.
potong tipis sosis, tomat, jamur. sisihkan.

adonan tepung yg tadi didiamkan kita "tinju" buat ngeluarin udara dlm adonan ^_^
kemudian dibagi dua bulatan. siapkan 2 buah piring "ceper"/lebar yang bahannya keramik( ada juga dijual di toko 100 yen ) olesin minyak.
adonan kita pipihkan selebar piring tersebut..caranya kita pipihkan dg tangan ...bisa juga dengan digilas....tapi lebih asyik kalo kita lempar2 mirip tukang pizza sungguhan ^_^ setelah pipih, letakkan diatas piring sambil dibentuk bulat selebar piringnya.

kemudian tinggal mengatur topping nya, yg pertama ratakan saus tomat tuna, taburka n basil dan oregano, lalu atur irisan sosis, tomat dan jamur, terakhir taburkan keju.
panggang di oven 200 derajat selama 30 menit, angkat dan selamat menikmati... jangan lupa piring yang satu lagi masukkan ke oven juga ya....jadi bisa dapat 2 piring ....

**cara menyimpan pizza tutp dg plastik wrap.. besuk pagi hari untuk sarapan, tinggal direnji 1 menit...siap disantap ^_^

** foto : pizza tanpa tomat dan jamur permintaan said dan salman

4 komentar:

  1. wahhh enak bangeet jadi laper... :D makasih resepnya ya ummi said dan salman ...

    BalasHapus
  2. hmm.........looks like so delicious

    BalasHapus
  3. dari dulu pingin bikin roti pizza, malass banget, ngga jalan2. trus suami beli nan yg bulat di mesjid, akhirnya nan itu aja yg di-topping-in kayak pizza, trus di renji..enaakk jg ternyata he..he..

    BalasHapus