Sabtu, 07 Februari 2009

seba serbi cerita tentang said( pengalaman tak terlupakan) bag.1

  tidur sambil berjalan.

said lahir di tokyo, tapi sempat 2 tahun di indonesia.ketika diajak kembali ke jepang usia 2 th 10 bulan.Alhamdulillah walopun balita sering diajakin pindah negara( jepang-indonesia jepang) dan pindah kota tempat tinggal( klaten -serpong-klaten), said mudah sekali menyesuaikan diri, baik fisik maupun psikisnya.

ketika naik angkutan umum pun begitu menikmati tanpa ada sama sekali rewel khas anak bayi,kecuali pernah sekali saja di angkot perumahan tambun dulu ketika pulang dari rumah pak dhe, karena sdh sesaaaak banget tetep di jejelin penumpang.

sejak usia 2 tahun sudah ingin punya adik bayi,tapi ternyata adiknya baru lahir setelah said usia 4 1/2 th. ketika umminya mengandung , said sama sekali tidak minta gendong,karena sejak 2th usianya said suka jalan sendiri, sampai saat kembali tinggal di Tokyo said sangat suka menikmati luasnya taman dan tempat bermain umum alias tdk nempel minta gendong umminya saja (^_^ seperti 2 adiknya)

pernah suatu ketika said pergi berdua dg ummi, harus berjalan ke stasiun kereta ( eki) pp tanpa gendong  tanpa kereta dorong. tidak naik sepeda karena ummi sedang hamil anak ke 2. said begitu capek dan mengantuk. tapi tetep berjalan kaki dari eki ke apartemen. sambil merem melek dan teklak-tekluk kepalanya digandeng ummi sampai pintu apartemen( kasihan deh..maafkan ummi..waktu itu ummi super hati-hati karena kehamilan baru 3 bulan pertama ,jadi kebayang enaknya naik becak di klaten rumahnya eyang ^_^ )

kepala masuk dilubang anak tangga

rasa ingin tahu said sangat tinggi, sepertinya sangat menyukai akan petualangan^_^ Pernah suatu ketika kami tinggal di apato 2k, di fuchu tokyo. apato kecil lantai 2 dihuni 4 orang anggota keluarga. letak apato tepat dipinggir jalan besar dipojok perempatan lampu merah,dengan jalan besar dua arah, seberangan dengan lapangan olahraga SMA mesei yg setiap hari ada latihan soft ball menambah riuh rendahnya suara di siang hari,juga ambulan yang beberapa kali sehari melintas di perempatan itu sering membuat bayi salman terbangun.

tangga apato yg terbuat dari besi, membuat kami begitu mudah mengenali langkah kaki abi menaiki tangga ketika pulang kerumah di malam hari. walaupun kepala dan badan kami sudah merebah di tatami yg beralas futon( kasur) yang sudah furui( jelek/tua umurnya) getaran papan kayu apato membangunkan lelap tidur ummi.

suatu pagi yg cerah di hari libur, said mendengar suara tong-tong-tong seperti pukulan-pukulan yang mengena tangga besi apato, dibawah tangga itu sepeda kendaraan pribadi ummi diparkir dengan manisnya setiap hari.

karena said ingin tahu ada apa dg suara tadi, keluarlah said melihat ke bawah.  berjongkoklah dia ingin melihat lebih dekat, ternyata tetangga bawah sedang menjemur futon didekat sepeda ummi, dengan bantuan tali ,tetangga itu membuat tali jemuran, dikaitkan pada besi tangga apato kami.

said pun ingin melihatnya tanpa diketahui tetangga tadi, said pikir akan lebih jelas lagi dengan memasukkan kepala di antara lubang anak tangga...dan setalah said puas melihat kegiatan di bawah tangga tadi..said ingin  berdiri..ternyata  lubang jarak antara anak tangga seakan menjepit kepalanya " ummi..ummi.ummi!!" teriakan said memecah keheningan...ummi pun keluar  dari dapur melihat keadaan....dan kembali masuk meminta  bantuan abinya said yg kebetulan sedang di rumah...Alhamdulillah kepala said pun bisa dikeluarkan dr lubang anak tangga...aah ada ada saja^_^

foto:1. said di fuchu no mori koen ,tokyo,naik di gundukan tanah tinggi

     2. said di depan tangga apato ( tenryu sou, fuchu) dan sepeda ummi,mobilnya punya orang lain ^_^ yg langganan parkir disitu.

 

15 komentar:

  1. waah, omoshiroi... ditunggu lanjutannya... jadi kangen ya masa-masa itu, mbak rahmah... kita seperjuangan...

    BalasHapus
  2. Said kalau baca ini pasti senyum-senyum mba..

    BalasHapus
  3. hebat masih inget detilllllllllllllll

    BalasHapus
  4. inget said, kalo gak ketemu fatimah nanya terus kapan ketemunya ^_^ dan kalo sdh ketemu pasti deh mereka berdua rame..tapi sptnya sekarang agak malu-malu deh :D ya nes

    BalasHapus
  5. iya mba yati, said suka bila diceritakan masa kecilnya, kadang said sendiri juga masih ingat :)

    BalasHapus
  6. gak tahu nih dian, setelah anak-anak tumbuh besar,dan kami sdh hampir balik ke indonesia..semakin berkelebatan tuh memori yg indah /lucu :D

    BalasHapus
  7. tunggu kisah selanjutnya.....jreng ..jreng

    BalasHapus
  8. said yang diceritain diata yang aku kenal :D,...skrg dah geude ngak bisa di pangku lagih sama amah :D

    BalasHapus
  9. ga kerasa yaa... anak2 tuh cepet banget gedenya,... insyaallah abang Ghazy juli besok bakal masuk SMP... pdhl rasanya baru kmrn jd anak hoikuen di Jepang... selama sepekan di Tky ini kalau liat anak2 yochien/hoikuen baris jalan2 atau maen2 di koen, sy lgs inget abang Ghazy... kebayang abang Ghazy jg dulu gitu, eee...skrg udah mau SMP...atto yuma tte kanji...

    BalasHapus
  10. wah, pendokumentasian seperti ini bisa untuk nostalgia keluarga ya, Mbak Rahma... berarti nanti ada juga Salman dan Sumayya, dong :D kutunggu lanjutannya :D

    BalasHapus
  11. ya Ju kan cuma sampai said 4 th an di tokyo kita sering jumpa...trus .lamaaaa gak ketemu..coba dikasih foto yg dipangku ammah ju, pasti said ingat ;))

    BalasHapus
  12. sebentar lagi abang jadi anak smp^_^ sdh mulai naksir onnanoko belum mba na:D? wah lagi di tokyo mba..gak mampir niigata...?

    BalasHapus
  13. iya dina...aku pikir siapa lagi kalo bukan ibunya yg bercerita..yg meriwayatkan^_^

    BalasHapus
  14. ...menikmati tulisan mbak Rahma...

    btw, kapan nulis ttg anak sendiri yak...hehe

    BalasHapus