Senin, 16 Februari 2009

serba serbi cerita said ( bag. 3)

belajar istinjak ( cebok ^_^ )

Ketika Said mulai masuk sekolah dasar( shyougakkou) ummi mulai serius mengajari said untuk membersihkan diri selepas toilet/pergi ke wc. Karena wc dijepang umumnya wc yg kering dan tissue toilet selalu tersedia untuk bersih-bersih diri, lain dengan di indonesia yg kebanyakan toilet basah.toilet kering sedikit "ribet" dalam menjaga kebersihannya.

Biasanya di dalam toilet keluarga muslim,disediakan air untuk istinjak,selain toilet paper( tissue)  seperti juga toilet kami dulu,alhamdulillah sekarang sudah banyak toilet yg pakai shower, tinggal pencet tombol,keluar air hangat untuk membersihkan.

Kebiasaan ummi menyediakan tissue toilet ,selain yg sudah terpasang ada tissue cadangan di bawahnya.digantung ditempat tissue cadangan. Gunanya bila roll tissue yg terpasang habis tissue cadangan bisa dipakai..tanpa harus nyari dulu di tempat penyimpanan .

Ketika said masih belajar istinjak,ummi selalu berpesan, bersihkan dulu oshiri( pantat) dengan tisuue sampai hilang warnanya, kemudian basuh dengan air. Dan setiap kali ummi selalu cek kebersihan said.

Said kelas 1 sekolah dasar, kami sudah tinggal di apartemen milik pemerintah daerah Tokyo, yg nyaman untuk tempat tinggal keluarga besar,anak banyak,orang tua dan penyandang cacat. Perumahan ini didesain "barrier free"  seperti ada lift, pegangan tangan di tangga,toilet dan kamar mandi,  slot utuk jalan kursi roda,sampai dengan pintu kamar mandi dan toilet yg model digeser dan lantai tanpa step,agar memudahkan penyandang cacat membawa kursi rodanya ke wc. Dan ummi ingat tempat tissue toilet pun dengan mudah difungsikan apabila kita mengganti gulungan tissue yg habis dengan gulungan tissue baru dengan sekali sentuh dan denga satu tangan.

suatu hari said pergi ke toire, sudah kebiasaan bila mau ke wc said selalu pamit :D " ummi!!! unchi" :D( ummi ee )

biasanya bila sudah selesai ummi akan cek kembali,hasil istinjaknya....sementara ummi kembali dg kerjaan rumah yang lain.Terdengar beberapa kali said  menyiram wc,dan... "ummi owatta( selesai), airnya gak bisa!!!".. bergegas ummi ke wc,dan melihat toilet duduk itu penuh dg tissue yang terendam air hingga penuh!! mirip bubur kertas tissue dalam lubang wc..( kaget dan sedikit panik)

segera ummi mengajak said ke kamar mandi membersihkannya..dan bertanya apa yg said lakukan di wc tadi.." wawiknya pakai tissue" katanya:D ihh..geram deh ummi..mau marah said gak mudeng..ya sudah akhirnya ummi cari  berbagai cara .agar air bisa segera menyusut dan wc bisa berfungsi lagi.....*_*sampai agak lama air blm menyusut...wah..bisa repot kalo ada yg kebelet ke wc nih...akhirnya sebelum gelap..ummi  pergi ke tempat tante Rina emaknya mush 'ab, sekitar 15 menit naik sepeda, pinjam penyedot toilet yg beliau punya.....Alhamdulillah..akhirnyaaaa ..toiletpun bisa kembali normal... selidik punya selidik..said ternyata istinjak dengan tissue paper sebanyak 1gulung setengah...yg bikin mampet lubang wc.....karena saking asyiknya belajar istinjak sambil main pasang tissue wc  dengan mudah di toilet...."barrier free-barrier free"  said pun dengan mudah mengganti tissue sendiri.

8 komentar:

  1. hehe...kawaiii

    anak2 teh lucu pisan

    BalasHapus
  2. hehehe... Mbak Rahma, yg ini seru banget :D

    BalasHapus
  3. lucu ,bikin gemes,dan kadang melatih kesabaran ibu bapaknya :D

    BalasHapus
  4. seru ya dina?, gmn gak panik ya ..kita kan tinggal diatas kamar org lain..ntar kalo ada bocor2 ato apa netes ke bawah...whuaaa...sdh trauma banget dg konflik dg tetangga bawah...

    BalasHapus
  5. hehe alhamdulillah habis itu kagak ada kejadian wc mampet lagi^_^

    BalasHapus
  6. Hehehe kocak deh ceritanya :) Mba Said-Kun berarti sejak Sd sdh bisa intinja sendiri yah?,....Hebat!
    Mba dari Hachioji ke tempatnya Mba Rina kan jauh banget,...tanjakannya banyak yak,...hebat euyy Mba Rahmah.

    BalasHapus
  7. masih ada sih cerita kocak yg bikin umminya selalu senam jantung..ada2 aja tingkah anak di masa pertumbuhannya... sekarang sdg ngajarin salman..mudah2an lancar:)

    rumah rina dulu sekiar 15 sd 20 menitan naik sepeda....tempat belanja kami sama ^_^ emang sih banyak tanjakan turunan..tapi asyik...alhamdulillah...

    BalasHapus