Minggu, 15 Februari 2009

serba-serbi cerita said (bag.2)

sambel pecel

Said dan ummi dititipkan abi ke Klaten,ketika abi harus kembali belajar ke jepang.  Selama kurang lebih 5 bulan said dan ummi tinggal dengan eyang Tuti dan eyang syamsuddin. Sepekan sekali ke Bayat tempat eyang Tanti dan eyang Brata. Karena tinggal di Klaten akses kemana-mana lebih cepat,dan masih ada oom dan bulik di rumah Klaten,jadi rame gak sepi. Bila maghrib selesai..biasanya kami makan malam..bersama. menu kesukaan adalah sayur pecel.

Kebetulan setiap pergi ke masjid An-nur kami melewati warung pecel mbok arjo yang enak,sambelnya bikinan mbok Arjo sendiri, menu sayur favorit ummi, cocok dg lauk apapun dan sehat tanpa banyak lemak santan.

Biasanya Said makan  bayamnya tanpa sambel..senang sekali..mungkin karena empuk mudah dikunyah. dicampur siomay ikan bila said susah makan.

Ketika tiba waktu pergi nyusul ke jepang, ummi pun membawa beberapa sambel pecel untuk persediaan. Sampai di jepang,said selalu minta makan  nasi lauk udang, sampai ummi bosen ngolah udang, sampai suatu ketika Said minta makan malam lain dr yang lain " ummi..mau makan seperti di rumah  eyang..." rengeknya. " makan apa yg di rumah eyang?" tanya ummi  "iya ..mau makan yg seperti dirumah eyang..."

ummi sedikit bingung,karena kita baru sampai dijepang belum ada 2 bulan." apakah said kangen ingin pulang ke Indonesia?.....Tapi ketika said sudah bobo, ummi kembali ke dapur menyiapkan makan malam buat abi yang sebentar lagi pulang..dan....ummi melihat sepiring rebusan sayuran dan semangkuk kecil sambel pecel diatas rak tempat ummi biasa menyiapkan makan malam untuk abi. Oh said sayang..ternyata tadi said mencium bau sambel pecel yg ummi siapkan buat makan malam abinya.....ketika abinya pulang ummi pun bercerita tentang Said yang ingin makan pecel ^_^.. maafkan ummi yg gak bisa nangkap maunya said, krn pikir ummi sambel pecel itu pedes.:D buat menu abi dan ummi saja....

foto :said ketika usia 3 th an, di wakou-sou,saiwai cho,fuchu,tokyo.

============================================================

monster ultraman di toilet

ketika ummi hamil salman,said sayang sekali denga umminya dan ini untuk kali pertama said melihat perubahan fisik ummi, onnaka fukurandeu( perut jadi membuncit ^_^)

suatu ketika ada bazar di fuchu, abi dan ummi mengajak jalan said kesana,melihat keramaian sambil belanja dan membeli mainan buat said,bazar adalah tempat murah untuk membeli mainan anak.

said sangat suka dengan hewan,biasanya said memilih boneka "nuigurumi" yg berbentuk macam hewan..tapi entah mengapa..kali ini abi membelikan video "ultraman" cerita anak yg ngetop di jepang..sebenarnya ummi tidak setuju//*_*

setelah beberapa waktu ummi melihat sedikit perubahan sikap said..ummi pikir karena hal biasa bila sang ibu hamil . Ummi pikir said sedang berempati dengan keadaan ummi yang lama kelamaan susah bergerak gak selincah ketika belum hamil.

Ketika ummi bergerak menuju ke toire ,said selalu mendului bertanya:" ummi mau kemana? ke toire? ikut....!!" " ummi malu dong said" jawab ummi ini bukan kebiasaanya sejak kecil, said selalu bersedia menunggu dengan manisnya didepan pintu toilet, walopun itu toilet umum.

Alhamdulillah said mau menunggu di kamar mandi yg dibatasi pintu lipat dari kaca buram. membuat ummi sedikit lega buang hajat sendirian :D...tapiiiii bila disuatu tempat misalnya ,said diajak ke pengajian ibu2, ketika ummi ke toilet ingin mengambil wudlu...menangislah said menggedor-gedor pintu..." ummi- ummi daijoubu?" (ummi tdk apa-apa?)  hal ini berkelanjutan..dan ketika ummi bertanya kenapa said selalu panik bila ummi ke toilet.. ternyata jawabnya" di toilet tidak ada monster ummi, ummi tidak dibawa monster?"

 ummi dan abi akhirnya memutuskan membuang kaset video ultraman yg dibeli dari bazar yg lalu, dan menceritakan bahwa semua itu cuma bohongan, kalo said sayang ummi biarlah ummi masuk toire sendirian, kalo ada orang lain ummi gak bisa buang air dan perut jadi sakit, sedangkan adik bayi pun ada di perut ummi.  Alhamdulillah sedikit demi sedikit said bisa berubah lagi ....tidak panik melihat ummi masuk ke WC...* aneh..padahal said nongkrong diwc sendirian tidak menangis,dan tidak takut...tapi kalo ummi di wc,said sangat khawatir ummi menghilang dr toilet di bawa monster ultraman :D* semoga saja ini tandanya said sangat sayang ibunya..;)

9 komentar:

  1. kalo mona balik ke jogja abis mudik juga dibawain sambel pecel. sekarang said udah bs makan pecel tanpa takut monster kan? Hihih

    BalasHapus
  2. tfs mba rahma..,menanti kelanjutannya ^_^

    BalasHapus
  3. ammah mona.di sumatra juga suka pecel ya?said sudah mau makan sambel ,sambel saos dan cabe sedikit:D...alhamdulillah sudah gak takut monster lagi:D

    BalasHapus
  4. sama-sama mba....cuma cerita kenangan sederhana insyaallah dilanjutkan ^_^

    BalasHapus
  5. said kan ultramannya......hihi..........iya anak2 menganggap yang di tv beneran

    BalasHapus
  6. iya tante dian :D...tapi ternyata salman pun begitu ketika saya hamil sumayya..hmmm mungkin ada faktor psikis ya..lihat badan ( perut) ibunya berubah, anak-anak tuh jadi " care" banget sama ibunya.. ...

    BalasHapus
  7. wah, episode ultraman-nya Said seru, Mbak Rahma, hihihi... ternyata, anak2 memang kadang2 belum bisa membedakan antara yang nyata dan rekaan.

    BalasHapus
  8. seru....

    Mbak Rahma pasti tulisan ttg anak2nya sdh banyak ya...wong anaknya banyak ...hehe, pasti beda2 khan ya.
    .

    BalasHapus
  9. Perasaan jumlah anak Mba Rahmah sama deh dengan jumlah anaknya Teh Ira :)

    BalasHapus