Senin, 17 Agustus 2009

bunga asagao-nya salman

anak kelas satu SD di jepang biasanya diberikan pelajaran menanam bunga asagao,sejak masih biji sampai mereka mengumpulkan biji yg keluar untuk ditanam tahun depan. Ketika mas said kelas satu,salman ikut mengamati asagao mas said yang dibawa pulang waktu libur musim panas dan diamati mekarnya bunga,dihitung dan dikumpulkan bijinya.

tahun ini, salman membawa pulang bunga asagao hasil belajar menanamnya di sekolah. Dibantu abi,salman membawa pulang pot asagao dari sekolah ke rumah. dan diletakkan di beranda apartemen kami.  Setiap hari salman harus mengisi kartu bunga asagaonya, berapakah yang mekar di pagi hari.

Ternyata salman masih ingat kalo bunga asagao mas said ketika kelas satu dulu di Tokyo selalu mekar lebih banyak daripada asagao yang salman tanam sekarang di Niigata.

ummi, kenapa asagao mas said  lebih banyak,punya salman sedikit?...begitu pertanyaan nya pada ummi. ummi jawab : karena Niigata sering mendung dan hujan, sedangkan ketika di Tokyo dulu sering cerah, asagao perlu sinar matahari yang banyak untuk mekar.

tapi memang beberapa kali bila hujan, asagao salman tidak ada yg mekar sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar