Minggu, 17 Februari 2008

kisah my headshot

Pulang ke Indonesia akhir th lalu, masih kulihat kaligrafi ini menempel dinding rumah. Belum tampak usang, meski umurnya sudah 11 tahun. Mengingatkanku kembali akan sebuah "keluarga" di Yogyakarta "keluarga asrama muslimah"

Kami bersepuluh,muslimah dari berbagai daerah dan latar belakang pendidikan dan keluarga yg berbeda. Tinggal (kost) di sebuah rumah kontrakan milik bekas pak lurah,di kampung sebelah UPN Veteran yogyakarta. Setiap malam kami belajar materi-materi agama Islam seperti di ma'had, diasuh  oleh 2 ustadz dan istri .

"Keluarga asmus" aku sebut  begitu. Karena menurutku kost  disini bukan sembarang kost, ada nilai " plus" dari kost biasa layaknya mahasiswi merantau seperti kami.(duuh..dr klaten ke yogya aja merantau  hihihi...)

Kami tinggal bersama keluarga ustadz Syatori Abd. Rauf dan istrinya mba Masbihah,juga dengan 2 putri kecilnya Isyfi dan Fadiya(pasti sekarang sdh  gadis  remaja ^_^) juga 2 khadimat beliau .

Walaupun kami satu  asrama/rumah kontrakan  dg kel. ustadz, sebelum menempatinya, bangunan sedikit direnovasi agar memudahkan untuk proses belajar mengajar, dan menjaga adap dengan non mahram, mengingat ustadz juga beristirahat dan tinggal bersama keluarga disini.

Dengan Ummi (mba Masbihah) kami banyak belajar keseharian menjadi ibu dan merawat anak, dg melihat keseharian beliau juga plus tahsin Qur'an  . Sehingga kami pun sudah seperti menjadi anaknya..ya anak anak didiknya dalam" keluarga asrama muslimah".

Dari sini kami tahu hobbi ustadz bila waktu luang, yaitu menulis kaligrafi. Suatu hari Ummi bertanya kepada "anak anaknya" ini, siapa yg ingin kaligrafi, silahkan pilih sendiri ayat  dalam Alqur'an, nanti ustadz akan tuliskan kaligrafi dengan cat air.

Kebetulan kamarku waktu itu  sudah ada  2 kaligrafi( kalo gak salah surat al ikhlas dan satunya lagi lupa ^_^ ) dan 1 foto Ka'bah, akhirnya aku pilih ayat ini QS 25:74 karena nanti bisa dipasang dirumah orangtuaku di Klaten. Saudari saudariku di asrama pun memilih ayat-ayat favoritnya sendiri-sendiri.

Setelah kaligrafi jadi, salah satu saudariku tertarik ingin membaca,kaligrafi pesananku, setelah membacanya dia berkata" sepertinya bakalan ada yang nyusul anak "Daru Hiro"(asrama mahasiswa pria yg diasuh ustadz yg sama )nih saudari kita di asrama muslimah" (karena santri daru hiro sudah lebih dulu ada yg menikah )

Ternyata tak lama kemudian aku di khitbah ,dan kemudian menikah dengan kangmasku, dan kaligrafi itu menghiasi kamar pengantinku ^_^ . Sebaris  ayat itu  insyaAllah selalu mengalir dalam doa kami sehari hari. 

"Rabbana hablana min azwajina wamin dzurriyyatina qurata a'yun waj'alna lil muttaqiina imama " (QS 25:74 ) ya Tuhan kami , anugerahkan kepada kami,pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa "

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 saudariku dlm ingatan semoga selalu istiqomah:

Rini Susanti Bachtiar(FE UII)padang, Dewi Fitriana(Psi UGM)padang,Fitri nur Khamidah(FK UGM)yogya,Hasni( Psi UGM)palembang,Tatik /Hartatik (PsiUGM)jawatimur ,Lusi( Kimia UGM)sumatra/riau,Suni(ma'had) jabar/sunda, Susilawati (FKG UGM)solo /jateng dan Reni ( FKH UGM ).

 

almarhumah Rohanah(Perikanan UGM/ klaten jateng...semoga Allah menempatkan Rohanah bersama dengan orang2 shalih  disisi Nya amin )

jazakumullah khairan katsiran tuk keluarga ustadz Syatori  dan mba Masbihah juga kel. ustadz Tulus Mustafa dan mba Habibah.

Alhamdulillah..... dengar kabar "asrama muslimah "sudah punya gedung sendiri dan bernama "Daru Shalihah" .

 

 

16 komentar:

  1. ceritanya bagus sekali mba Rahma....

    BalasHapus
  2. waaaaaa...alumni asmus yaaaa......pantes kenal ummi masbihah :)

    BalasHapus
  3. Cerita Rahma jadi membuka ingatan saya tentang Yogya dan teman-teman seperjuangan, mudah-mudahan masih ada kesempatan untuk menyambung silaturahim lagi ya.....ternyata nama baru 'asmus' nggak jauh2 juga sama Daru Hiro, wah cocok nih....^__^

    BalasHapus
  4. Ayat favorit ku juga mbak.......doa utk anak2....^_^

    BalasHapus
  5. terima ksih mba Yati...Alhamdulillah ...

    BalasHapus
  6. yaaa ketahuan deh sama Mona :D.... salam buat ummi ya Mon bila jumpa...

    BalasHapus
  7. iya nih mba Feby...semoga suatu saat nanti bisa silaturahim ke yogya lagi...insyaAllah...

    BalasHapus
  8. semoga anak2 kita jadi manusia yg berilmu dan bertaqwa ya mba enit ^_^ amin

    BalasHapus
  9. temennya mb hasni ya mbak?beliau satu DPD dgn saya, sekarnga mengajar di IAIN sunankalijaga.subhanallah, dunia begitu sempit ya....

    BalasHapus
  10. saya sangat menyukai tausiyah ustadz syatori. Dulu sering mbela-belian berangkat pagi dari Bantul, "hanya" untuk ikut kajian KRPH di mardliyah ^_^. Kalo sudah bicara masalah tazqiyatunafs, subhanallah....bener2 menyentil/menyentuh hati.

    BalasHapus
  11. saya penah mabit di daru shalihah. Menempati rumah di depan rumah ustad, tapi itu sudah 7 tahun yang lalu....

    BalasHapus
  12. yippiii...alhamdulillah.. jazakillah infonya ya mba anna...
    ntar kalo pulkam tinggal nyari Hasni ke IAIN SUKA ^_^

    BalasHapus
  13. ya..saya sdh hampir 12 th lalu....*hiks*

    BalasHapus
  14. oh, jadi itu kaligrafinya abi ya? bagus banget :), jarang2 lihat. sekarang abi sepertinya jarang punya waktu buat bikin kaligrafi lagi. Terakhir kabarnya hasil karyanya dijual buat biaya bangun DS. lalu sekarang Pak Arman sebenarnya ditugaskan nyari dana di Jepang untuk pembangunan gedung DS baru. Tapi katanya lupa bawa proposalnya, hehehe

    BalasHapus
  15. huwa,,, ternyata ini to kaligrafi buatan Abiyya... iya, bener kata ayu... Abi dah jarang buat kaligrafi... tapi pernah waktu dauroh penerimaan santri baru angk 5, abi buat kaligrafi...truz yg diminta mewarnai sittati... hehe^^

    BalasHapus