Rabu, 20 Februari 2008

merawat baju balita

Hal yang mungkin bisa kita tiru dari kebiasaan orang jepang adalah dalam merawat baju. Ini terbukti bila kita  masuk ke" toko recycle "semacam "off house" yang menjual pakaian bekas juga"flea market" yang sering digelar di taman-taman.Banyak baju bekas masih tampak bagus, misal sweater atau jaket. Juga baju baju bayi dan anak-anak.

Belanja baju anak-anak selama kami tinggal di jepang ini, kami pilih ke toko recycle baby n kids atau berburu bazar/flea market. selain bisa hemat,dapat banyak dan biasanya barang yang dijual  bila kita lihat harga ditoko bisa diatas 1000 yen.(ini ketika kami tinggal di tokyo) tapi bila tak menjumpai toko recycle , biasanya kami mencari toko fashion yang menjual baju made in china seperti Shimamura,Nishi matsuya,Daiei,atau Nagasaki -ya)

Nah...karena belanja pakaian termasuk mengeluarkan yen yg tidak sedikit( apalagi bagi keluarga pelajar beranak 3 seperti kami :D ), maka perlu sedikit perawatan biar baju kita awet, gak sering belanja baju dan bisa "dihibahkan"( bila anak2 sdh sempit atau sdh gak diperlukan ,misal baju hamil, baju bayi,jaket ) buat saudara saudara kita yg memerlukan.(baca:sayang beli baru , krn di jp cuma sebentar dan anak2 dalam pertumbuhan,baju cepet kesempitan ) )

Atas permintaan saudariku sayang" si neng"(Rieska) di Kanagawa dg dua balitanya,supaya aku menulis sedikit pengalaman ttg merawat baju balita biar tetep bersih. jazakillah ya neng..menyemangatiku tuk nulis di empi ^_^ walopun pikirku ini sdh hal yg biasa semua bisa melakukan alias "atarimae".

------------------------------------------------------------------------

Bayi yang masih kecil (6 bln ke bawah) biasanya masih minum ASI  sering muntah( gumoh) mengotori bajunya. Maka sebaiknya sebelum menyusu kita pakaikan celemek bayi terlebih dulu. Fungsinya untuk mencegah muntahan gumoh mengotori baju juga sekaligus untuk melap mulut bayi.(pilih celemek dg bahan kain yang halus).

Jangan biarkan begitu saja kain/baju bayi/celemek yg ternoda gumoh , lebih baik dibersihkan dulu dengan tissu basah( bisa dg bantuan oshiri fuki=tissu utk melap pantat bayi). ambil/buang gumohan yg padat(ampasnya ) .

Ketika musim panas/natsu, jangan dibiarkan lama di keranjang baju kotor(misal 2 hari gak segera dicuci ) memicu jamur untuk tumbuh dikain yg ternoda. Lebih baik yg kotor langsung kita rendam dalam ember, bisa sekalian diberi bahan /sabun pembersih noda.

Setelah bayi sdh mulai belajar makan, tak lupa celemek dikenakan ^_^. Macam model celemek /epuron  anak,bisa kita jumpai di jepang ini, jadi tak heran bila baju-baju bekas bisa dijual lagi,apalagi yg bermerk spt miki house, Bebe ,oghkosh b gos,come du mode dll.belel pun masih dihargai mahal :p

Untuk anak yg sudah bisa dibiasakan menjaga kebersihan, latih untk melap mulut dan tangan dengan sapu tangan atau tissu serta cuci tangan.( bukan melap di baju ^_^)

============================================

Karena di jepang banyak dijual bahan kimia pembersih, jadi lebih mudah tanpa banyak ngeluarin tenaga ngucek-kucek ^_^. biasanya kami sediakan bahan pembersih:

- Sabun cuci/deterjen: biasa  untuk mencuci baju di mesin cuci

-Larutan penghilang noda/ buraito: untk penghilang noda bandel seperti kena coklat, ,buah2an misal strawberri,semangka,(awas:  noda pisang hrs segera diambil tindakan, noda pisang sulit hilang). Bila baju terkena noda , basahilah bagian yg ternoda, kemudian tuang larutan penghilang noda dg cara  cairan dituang ke tutup, kemudian tuang di tempat noda yg sdh dibasahin tadi kemudian dicuci dg mesin cuci.

Tapi bila membandel , perlu direndam beberapa saat dan sedikit dikucek/disikat, bisa pula dibantu dg sabun batangan.

-Sabun cuci batang : untuk mencuci dg tangan dan mencuci sepatu putih/uwabaki

- Larutan khusus utk bahan dr wool dan utk dry cleaning: bila diperlukan utk mencuci sweater dan jaket yg biasanya ada wool mark/dry mark, dengan cara mencuci di mesin cuci, set-mesin cuci di tombol dry clean.(kalo perlu baju yg mau dicuci dimasukkan dlm "net" terlebih dulu )

-Larutan pelembut.: di bilasan terakhir, rendam cucian dg pelembut, menjadikan serat kain baju tidak kusut dan ,lembut . mudah dilipat. (kadang gak perlu setrika ^_^)

======================================================

Kenali bagian baju yg mudah kotor:

Misal bagian dada( sering kena noda makanan), bagian pergelangan lengan panjang,bagian leher. Celana panjang pada dengkul nya, dan ujung bawah nya /pergelangan kaki.

Periksa ketika akan memasukkan baju2 kotor ke dalam mesin cuci, bila didapati noda yg banyak , perlu dipisahkan terlebih dulu(.dibersihkan).

========================

 

Bila menjemur baju yg berwarna , sebaiknya dibalik ,bagian dalam baju diluar, shg terhindar dari sinar matahari langsung.Agar warna tidak mudah pudar.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Semoga bermanfaat

(gambar foto:edy's family,ketika sumayya 3 bulan , masih sering pakai celemek ^_^ )

 

 

 

10 komentar:

  1. wowww, tips yang sangat berguna mbk
    walopun aku belum punya baby, tapi masalah cucian kadang kadang bikin pusing juga, hehehehe

    BalasHapus
  2. sama sama mba Yati....cuma sedikit pengalaman kok..kalo dari dulu yang nyuci baju balitanya pembantu mungkin saya gak bisa nulis pengalaman ini ya...:)

    BalasHapus
  3. saya pusing gak pusing nyuci baju harus dilakukan neng Sita....:D
    terima kasih ya..Sita...:)

    BalasHapus
  4. makasih tipsnya mbak.sejak aya makan tuh, celemeknya susah dibersihin sampai jamuran gitu....

    BalasHapus
  5. wah, makasih mbak tipsnya... saya paling males makein celemek jadinya baju anak saya banyak noda... :p

    BalasHapus
  6. info yg berguna nih, jd bajunya kakak bisa dipakaikan lg nanti ke dedenya,thanks nice info

    BalasHapus
  7. mba..mba
    numpang nanya nich kalo moo beli cairan2 penghilang noda gitu dimana yach terutama didaerah jakarta??
    aku pernah baca ada cairan yg namanya "vanish"
    tapi aku bingung belinya dimana

    BalasHapus