Kamis, 17 April 2008

mahalnya harga sebuah 'Bi'ah'

"Rahma ..aku mau pindah apato" suara sahabat di telepon genggamku.."Kemana? ke Niigata?" sahutku suka cita..siapa tahu bisa tetanggaan lagi seperti dulu. " Bukan...pindah ke Otsuka"...Jawabnya. "Alhamdulillah...dekat mesjid dong!!" gembira ku mendengarnya." Iya cuma lima menit jalan ke Masjid Otsuka"...lima menit jalan ke eki....lima menit jalan ke shyougakko..."
"Tapiii..harga sewanya itu loh...dua kali lipat dari apato yg sekarang kutempati""Dan kamar nya pun lebih sempit"...demi anak ...biar dia bisa setiap hari ke masjid"

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tinggal di dekat masjid, sungguh suatu yang langka bagi  muslim merantau di negeri sakura ini. Dimana keberadaan Masjid rumah Allah bisa dihitung dengan jari.

Salah satunya masjid Otsuka,di Tokyo. Masjid ini sudah mulai banyak digunakan untuk aktivitas sosial keagamaan. Dan disana dirintis sekolah islam untuk anak anak taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Belum banyak masjid yang jumlahnya hanya sedikit ini, "welcome" dalam kegiatan sosial keagamaan. ( jadi bagi para sahabat yg tinggal di sekitar kanto/tokyo dan sekitar, sering seringlah ke masjid otsuka ^_^)

Ketika anak-anak sudah semakin besar,mulai bisa "menyerap pelajaran" dari lingkungan sekitar, orang tua pun ikut berdebar debar. Kenapa berdebar...??karena si anakpun mulai belajar dari lingkungan dimana kita tinggal.

Disekolah , anak-anak tidak mendapatkan pelajaran agama Islam. Bisa diartikan hanya dari orang tua anak-anak mengenal Islam. Mungkin bila anak anak masih dalam usia balita lingkungan yang pertama adalah keluarga. Dengan mudah para balita  menyerap apa yang dicontohkan kedua ibu bapaknya. Tetapi ketika anak sudah mulai beranjak menginjak usia sekolah, baginya lingkungan ikut -ikutan berperan dalam membentuk tingkah laku dalam perkataan dan perbuatannya.

Bagi para orang tua yang sadar akan pentingnya bi'ah yang baik,pasti akan selalu berusaha menciptakannya, dengan segenap apa yang bisa dilakukannya, agar nilai nilai islam itu tertanam dalam di sanubari anak-anaknya.Bekalan menapaki jalan panjang hidup di dunia menuju akhirat yang abadi.

====================================================================

tuk seorang sahabat:

Semoga pindahan nya lancar ya ...barakah dan betah...

bi'ah= lingkungan

 

 


 

20 komentar:

  1. ikut seneng, sayang ngga bisa pindah ke tokyo, he he..................................harus cepet blik ke ina nih........Ahmad ingin solat di mesjid.............................

    BalasHapus
  2. benar mbak,....saya merasakan hal yg sama. ketika mereka(anak2) mulai berinteraksi dengan lingkungan di luar keluarga.musti extra hati2,..saya juga selalu meluangkan waktu khusus untuk mendengarkan cerita putri sulung kami tentang kegiatan, perasaan dan pendapat dia setiap hari agar jika ada yg menyimpang dg aqidah qta bisa saya luruskan saat itu.....

    mudah2an pindahannya lancar......

    BalasHapus
  3. mudah-mudahan kita selalu diberi kekuatan ya mbak...
    mendidik generasi penegak Islam di negeri sakura, Insya Allah

    BalasHapus
  4. wah...masjid otsuka....dulu sering banget daku ke sana...kenangan yang indah.
    ii ne...

    BalasHapus
  5. semoga istiqomah selalu...
    btw, mona pengen nih ke jepun ^_^

    BalasHapus
  6. assalamualaikum mba saya mau tanya dong otsuka itu disebelah mana??? krn insya Allah saya juga akan pindah ke tokyo, jauh gak dari waseda???

    BalasHapus
  7. hehe memang gak mesti harus tinggal di tokyo kok ya...rejeki masing masing berpijak dimana..disanalah bumi Allah...yuk semangat..:x

    BalasHapus
  8. iya mba efi...semampu kita selalu berusaha, anak selalu kita arahkan ya...

    BalasHapus
  9. subhanallah walhamdulillah....^_^ dan masa demi masa masjid pun bertambah jumlahnya di negeri oshin ini.......malu saya cuma bisa menikmati nya....semoga bisa ikut memakmurkan nya.. semoga ..

    BalasHapus
  10. kenangan yg indah ya....ii ne pasti berkesan banget ya wulan :)

    BalasHapus
  11. amin terima kasih doanya Mona.....semoga Mona bisa ke jepun suatu saat nanti :)

    BalasHapus
  12. desu shyou..^_^ tapi ya krn blom rejeki..ciptakan sendiri dirumah walau kadang ter engah engah..semoga barakah ^_^ ya Desi...

    BalasHapus
  13. wa'alaikumussalam mba Nova..welcome to japan mba.....hmm jauh gak ya..^_^ gak begitu jauh kok mba ........bisa dijangkau dg naik densha( kreta listrik)... bisalah kalo tiap sabtu ikut kajian muslimahdan klas anak disana mba ^_^ dari shinjuku eki/stasiun naik yamanote line.... turun di otsuka eki..dan jalan dari eki sekitar 5 menit aja.....(dulu ketika kami tinggal di tokyo,hachioji..ke otsuka sekitar 2 jam perjalanan..tapi enjoy aja mba^_^ fasilitas umum dan transportasi di tokyo nyaman dan aman mba..)

    BalasHapus
  14. mbak, aku pas mau ke otsuka nyasar.. ga nyampe (aduh, semoga kebiasaan nyasarku segera sembuh)

    BalasHapus
  15. ayu....coba ya..aku masih inget gak ni..
    keluar dari gerbong terdepan/dr shinjuku eki, turun tangga, belok kiri ke pintu kippu/karcis...kanan dikit ada toko roti/bakery, sebrangi jalan yg ada rel trem nya, sampai ada jalan masuk gang yg ada 99 shop , belok kiri lurus ketemu 100yen shop,belok kanan jalan menanjak, ketemu prapatan,tetep lurus sedikit...mesjid otsuka ada disitu ^_^ gerbang pintunya deket dg tiang listrik ^_^ di kiri jalan.

    BalasHapus
  16. mba, makasih informasinya tapi aku mau nanya lagi kayak tamu aja ya nanya melulu hehehe.
    mba dari shinjuku itu berapa lama mba?? trus kira2 disana sewa apatonya mahal gak mba???
    karena yang disana itu suamiku jadi dia mestinya nyarikan, siapa tau kita bisa jadi tetangga, asal gak mahal maklum dana terbatas, hehehe

    BalasHapus
  17. gak apa mba nova..selagi saya masih bisa kasih info:) krn setahun ini kami sudah pindah ke niigata yg lumayan jauh dari tokyo( sekitar 6 jam naik densha moon light/kereta malam ).

    hmm drshinjuku eki...ketika naik yamanote line jurusan ikebukuro itu..sampai otsuka eki memakan waktu sekitar 15 menit...( seingat saya loh mba:) )

    trus ttg apartemen, karena shinjuku maupun otsuka termasuk di tengah kota tokyo...harga apartemen utk keluarga sekitar 120.000 yen utk 2 kamar dining dan kitchen.

    biasanya yg tinggal di tokyo mencari apartemen yg dekat dg eki/stasiun dan supermarket...cuma ...ya posisi menentukan harga apartemennya :)

    begitu mba nova sedikit pengalaman kami dulu tinggal di tokyo..... semoga dapat apato yg cocok ya mba..

    BalasHapus