Minggu, 14 Desember 2008

episode idul adha 1429 H(ini hari raya-mu anakku)

Sama seperti tahun -tahun sebelumnya ,bila tiba hari raya selama kami tinggal di negeri Sakura.

Terasa sekali perbedaan bila ada perayaan hari besar agama Islam, buat saya dan suami..tapi mungkin anak-anak belum begitu merasakan bedanya. Idul Adha  1429 H tahun ini, jatuh di bulan Desember.. kesibukan menyambut hari raya tak terasa sama sekali..apabila kita sendiri tak menyengaja menyambutnya....mengucapkan takbir dari mulut kita...dan membaca berita di media internet.

malam itu suami dan saya disela-sela pekerjaan rumah berusaha bertakbir seraya mengajak anak-anak..walopun kesannya  mereka cuek...kami yakin anak-anak merekam dalam pendengaran dan ingatannya akan kalimat takbir yang kami ucapkan.

 Sementara di bulan Desember ,Jepang negara yang katanya menganut agama Shinto dan Budha tapi lebih banyak yang tidak beragama..hingar bingar menyabut x-mas  ada di mana-mana...walaupun setahu saya belum tentu yang merayakan x -mas itu kristiani. Di iklan TV di supermarket, pertokoan, mall bahkan di sekolah TK dimana salman belajar, masuk bulan Desember tema prakaryanya adalah x-mas.

Dan di skedul bulan Desember ini ada x-mas party. Beberapa kali Salman pulang sekolah membawa hasil prakarya  menggunting, mewarna atau menempel dengan gambar dan bentuk pohon cemara, kakek tua berjenggot putih,dan hiasan dinding berbentuk lingkaran.. dan sambil berkata pada ummi " ummi kore wa iranai..*." dengan kata-kata pelan....oh anak ku sayang..mungkin dalam hatimu berkata" ummi ,aku terpaksa membuat pernak pernik ini..yang sebetulnya aku tak memerlukannya..tapi bu guru dan teman -teman semua melakukannya" Memang sengaja kami tidak meliburkan anak-anak selama bulan Desember  , bukan karena kami tidak khawatir pesan-pesan keislaman luntur..tapi biarlah anak-anak mengetahui dan belajar akan keberagaman manusia . Dan harapan kami anak-anak bisa perpegang teguh pada tali agama Islam dimanapun mereka berada.

Sampai satu hari saya mendengar  Salman berseru: "ummi ashita wa ne kurisumasu paati ga aru yo..."** belum sempat ummi menjawab, mas Said yang disebelah Salman  berkata" Salman.. kurisumasu paati yarimasen ,sensei ni yutte..***." gakkou iku ,demo ...  xmas party  yattenai.."**** Said menguatkan  usulannya. Mendengar seruan Said tadi dalam hati berharap dan berdoa "ya Allah mudahkanlah  kami mengenalkan agamaMu kepada anak-anak kami "

Dihari perayaan itu biasanya anak-anak kami liburkan , salah satu ikhtiyar kami agar anak-anak tidak latah dan bisa secara bertahap memahami  makna" Lakum diinukum waliyadin" yang tertulis dalam kitab Al Qur'an.

Ya ..memang kami meyakinkan anak-anak bahwa kami ber agama Islam, hari raya kita Idul Adha dan Idul Fitri, x-mas party adalah milik agama lain. Tidak selayaknya kita ikut-ikutan karena buat kita ada Lebaran dan Hari Raya Kurban.

Pernah Salman bertanya pada saya" ummi..shiranai no...??***** kurisumasu paarti wa ne imiga puresentou yo".******..saya tersenyum mendengar salman bilang begitu..memang di mana mana desember adalah bulan  iklan hadiah...semua iklan menawarkan belilah "ini" untuk hadiah...dan ditoko,supermarket sudah dipajang berbagai macam bungkusan hadiah nan lucu-lucu. Alhamdulillah anak-anak tidak pernah merengek menangis meminta untuk dibelikan, walaupun mereka belum tahu itu adalah strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan :D, sama bila ada momen halloween atau valentine. Mungkin ibu guru salman dan kebanyakan orang jepang  ikut latah..karena memang agama yang mereka anut tidak mengajarkannya.

Mendengar pertanyaan Salman itu, ummi cuma berusaha menjelaskan bukankah ummi dan abi juga selalu memberi hadiah..buat Said, Salman dan Sumayya di hari raya Islam, bahkan bukan cuma hari raya saja...hadiah berupa ciuman ketika selesai gosok gigi atau selesai belajar juga sebuah hadiah, hadiah murah dan bisa melembutkan hati..menghadapi hari-hari bersama buah hati.:D 

" Tahaddu tahabbu" salinglah memberi hadiah niscaya kalian saling menyayangi ..itu pesan nabi SAW.

Dan pagi hari10 dzulhijjah 1429 H, abi tetap berangkat meeting di kampus pukul 8 pagi....Said dan Salman pun kami liburkan, minta izin tidak berangkat sekolah.... jam 8.30 ummi dan trio S bersiap berangkat ke masjid An-nuur masjid yang baru" setengah selesai" dibangun di dekat universitas Niigata kampus Ikarashi atas prakarsa para brother Egypt dan Pakistan yang lebih dulu tinggal di Niigata.

Dengan bersepeda menembus dingin, Alhamdulillah Mentari bersinar cerah..kami berangkat dari rumah dan abi berangkat dari sekolah, bertemu di masjid  untuk sholat berjamaah, bersama - sama saudara seiman merayakan Idul Adha  1429 H dengan sederhana.Ini hari raya-mu anakku.

 

=================================================

*ummi..aku tidak memerlukan ini..

**ummi ..besuk ada x-mas party.

*** salman bilang ke bu guru ,,gak ikut x-mas party

**** berangkat sekolah ..tapi gak ikutan partynya

*****ummi gak tahu ya?

****** x-mas party itu berarti hadiah loh.

masjid An Nuur Niigata masih menerima bantuan dana untuk melanjutkan tahap ke 2 pembangunannya...ayook siapa mau beramal jariyah... bisa lewat saya/suami saya

17 komentar:

  1. wah fathin besok x-mas party dan sudah pasti kami liburkan :) mba tulisannya makin bagus ajah deh,...aku malah lg mentok nih hehehe

    BalasHapus
  2. iya Ju salman juga aku liburkan..th lalu juga :)

    tulisannya sptnya biasa aja...cuma catatan keluarga... :) terimakasih ya..disemangatin nulis :x

    BalasHapus
  3. ied mubarroq...

    hehe..maaf telat mbakyuku ;P

    subhanalloh...ngga gampang ya mendidik anak di negara Islam minoritas kayak gini...

    BalasHapus
  4. wah, ini pelajaran penting...makasih Mbak Rahma!

    BalasHapus
  5. saya kalau buat prakarya minta dibedakan..........he he................................semoga segala usaha ortu mengenalkan islam dimudahkan Allah

    BalasHapus
  6. makasih juga Dina...kadang2 saya lupa kalo anak sdg ngambek.. ibunya juga mau ngambek( gak mau kalah :D ) tapi dg dipeluk/dicium ternyata mudah dijinakkan ngambeknya :D

    BalasHapus
  7. baguslah Dian sugoi ne....ampe yg kecil2 pun dipikirkan.. patut dicontoh nih..
    saya mungkin malas ngomong ke senseinya krn gak bisa nihongo;) *ngeles *...tumben yg th ini ada pohon cemara ..yg th lalu cuma yuki daruma ..
    kadang cuma mikir mana yg bisa ditolerir..dan mana yg prinsip....
    amin doanya:)

    BalasHapus
  8. rani...apa kabar??
    betul rani ...gak mudah...dulu aja rencananya anak pertama SD sudah di indonesia....tapi ternyata samapi anak ke 3 mau masuk TK masih di nippon:D

    BalasHapus
  9. mbak rahma makasih
    nasmah x-mas party nya masih minggu depan nih
    pengalaman tahun lalu sih saya liburkan....
    niatnya tahun ini juga libur...
    tapi baca tulisan mbak rahma, kalau anakpun harus belajar jadi pengen juga ngelakuin
    tapi riskan gak ya....anak sekecil nasmah kan suka ikut2 :(

    BalasHapus
  10. ma kasih juga dwi mampir disini ^_^ disela kesibukan ...
    hhmm maksud "belajar" yg mana saya tidak liburkan sepanjang bulan desember mungkin ya...saya hanya meliburkan pas hari x -mas party nya saja... tentang prakarya nya anak saya dari said dulu dan salman sekarang...sampai rumah pasti dibuang ke tempat sampah..tanpa harus saya paksa...paling diajak dialog saja...ya sekalian belajar maksud saya biar anak jadi mengerti dan berani ngomong dengan senseinya atau orang lain ," berdakwah " dg bhs anak2 seperti pesan ortu nya ^_^

    gak mungkin kan anak selalu dlm lingkungan "homogen "terus( islam semua/baik semua), dan belajar tetap berbuat baik pada sesama yg berbeda keyakinan.
    Alhamdulillah mereka mengerti.... ( insyaAllah ortunyalah yg paling ngerti kondisi anak masing2)

    mungkin bukan pas X mas parti saja ya....misal bikin teru2 bosu, tanabata matsuri dll...sambil kita masukkan pengertian pd anak ttg cara berdoa kita hanya pada Allah..anak-anak juga buang sendiri itu teru2 bosu dan bambunya.

    Nasmah chan seusia sumayya ya...tapi sudah sekolah duluan ^_^(nah ini saya blm pengalaman dwi...anak sekolah usia 4 th ..sdh mulai mudah dibilangin walo kadang "wagamama" juga ^_^)


    sumayya masih 24 jam dg ibunya...alhamdulillah belum banyak tahu ttg x-mas , dan tidak ikut2an (ikut2an ibunya sih )...tapi sdh bisa dibilangin bila minta sesuatu ummi dan abi tdk ngebolehkan...misal jajan nya mengandung babi...di buang pun tdk menangis... Alhamdulillah sptnya sumayya mengerti...

    wuiih kok panjang jadinya punten kalo tulisan saya membingungkan..*_*

    BalasHapus
  11. sebenarnya kan misal pohon cemara, kalau ngga di hias untuk natalkan ngga pa-pa..............terusprakarya yang lain juga kalo ngga ada simbolnya kan ngga pa-pa ya? he he...............................kl parti mah no

    BalasHapus
  12. ^^
    mbak rahma dan mbak dian ^^
    wakrimashita....makasih pencerahannya :)

    BalasHapus
  13. iya.. maksud saya juga begitu dian ^_^ *setuju...

    BalasHapus
  14. Subhanallah memang tidak mudah hidup di lingkungan yg sgt beda dg kt. semoga anak2 mb rahma gk terpengaruh budaya yg gk sesuai ajaran islam.

    BalasHapus
  15. alhamdulillah semua baik. anak2 nunggu masuk sekolah januari setlh libur 3 bulan. afwan saya memang aktifkan blog di http://elkis-riyadi.blogspot.com
    karena mau comment mesti login ya..jadinya site multiply nganggur. oya, alamat di jogja dmn. saya tinggal di godean

    BalasHapus