Selasa, 09 Desember 2008

malaikat raqib dan athid

Biasa setelah said pulang sekolah ummi menanyakan sholat dhuhur tadi di sekolah apakah sudah dilaksanakan.

Karena sudah saatnya said menjaga sholat 5 waktu, Alhamdulillah pihak sekolah memberikan ruangan untuk said dan beberapa murid muslim menjalankan sholat( sepertinya baru dr indonesia saja yg kelas 4 sd 6 di SD ikarashi dr komunitas muslim  indonesia bangladesh dan egypt)

terus terang tidak mudah mendidik anak sendirian dilingkungan jepang seperti ini. daya tarik magnet yg bernama lingkungan itu sangat kuat. Siapa lagi pemeran utama dalam mewarnai dan mendidik anak-anak..kalo bukan dari kami orang tuanya... meluangkan waktu untuk berbicara, mendengarkan dan bersama-sama..... semoga Allah selalu memberikan kekuatan untuk selalu istiqomah kpd kami dan para orang tua muslim di negeri sakura ini. amin.

untuk menjaga agar said selalu ingat  akan sholat 5 waktunya dan jujur ummi ajak berbicara mengenai malaikat Raqib dan 'Athid yang selalu menyertai manusia kemanapun dimanapun dan apapun yg dikerjakan.

ummi:di bahu kanan ada malaikat Raqib dan bahu kiri ada malaikat 'Athid yang mencatat amal baik dan buruk...jadi Allah tdk bisa dibohongi...malaikat membantu Allah mengawasi makhlukNya

said: heee...!!! selalu ikut kemanapun?mienai...sawaranai...( gak kliatan..gak bisa dipegang)

ummi: iya kecuali said sedang toire/mandi

said: tenshi tte..nani kara tsukuru no?? ( malaikat terbuat dr apa??)

ummi: dr cahaya (hikaru)

said: hikaru wa mieru dayo mi...(cahaya itu kan kelihatan mi)

ummi: yah mungkin ini cahayanya lembuuuuttt   banget ,mata manusia gak bisa melihat atau cepat sekali berkilat..jadi mata biasa tdk melihatnya.

coba angin ,udara..said juga gak lihatkan...

said: tapi bisa dirasakan.....

ummi: karena manusia dan malaikat berbeda dari apa diciptakan , makanya manusia tidak bisa meraba.

buktinya kalo malaikat itu ada,adalah al qur'an itu.... malaikat jibril membisikkan perkataan dari Allah kepada nabi muhammad... dan ditulis oleh para sahabat dalam buku/kitab agar mudah dipelajari 

Allah maha bisa..apapun bisa.... manusia bisa membuat kamera dipasang dimana-mana dan merekam kejadian...tentu Allah juga bisa dong merekam dengan "kamera" ciptaan Allah.....makanya Allah tahu kalo manusia berbohong, belum sholat tapi bilang sudah sholat ^_^

said: ah.... sokka.(sambil senyam senyum masuk ke kamar tidur )

==============================================================

 catatan dr ngobrol-ngobrol menjelang tidur

12 komentar:

  1. pengen deh bisa lancar jawab kaya ummi, kalo dapet pertanyaan kaya begini dari anak ... :)

    BalasHapus
  2. subhanallaah... kalo ada cerita2 gini aku pesen ya Mbak Rahma...supaya ditulis di MP biar jadi inspirasi buat ortu2 lain...

    BalasHapus
  3. betul setuju sama mba dina,...pesen juga jadi pelajaran buat ndidik 2f juga tfs mba :X

    BalasHapus
  4. bisa deh insyaallah....mama rafa bisa!! :x

    BalasHapus
  5. alhamdulillah dina... model ngobrol santai gini lebih cepet diserap said.... buat kenangan said nanti kalo sudah besar ^_^
    insyaallah kalo ada cerita ditulis -tulis lagi di mp...(tapi kadang gak "pede " .. semua orang tua pasti tahu)

    BalasHapus
  6. wah bisa buka pesenan nih Ju ^_^...cuma cerita saja krn tiap hari aku dirumah dg anak-anak....mungkin gak kepikir nulis di empi kalo di indonesia ....tapi kalo di jepang gini berasa sekali...dari siapa lagi anak-anak dapat pelajaran keimanan, tauhid ,kalo bukan dari kedua orangtuanya ya Ju..
    ganbarimasyou...

    BalasHapus
  7. setuju, Mbak Rahma. makanya seneng baca2 tulisan Mbak Rahma, hehehe... kalo bukan mayoritas memang orang tua harus lebih giat lagi karena lingkungannya berbeda.

    BalasHapus
  8. kalo aku perhatikan, di indonesia pun harus giat ya..^_^....maksudnya tidak hanya "pasrah " dg sekolahan saja...krn ada pelajaran agama....tapi bentukan dalam keluarga sepertinya yg lebih utama..

    *gak mudah ya jadi orang tua *_*..ya Allah berilah kekuatan........*

    BalasHapus
  9. di Indonesia pun harus giat, setuju, hehehe... intinya kalau lingkungannya kurang menunjang, peran ortunya harus dobel dobel dobel (berapa kali tuh Mbak Rahma, hihihi....)

    amien... (mengaminkan doanya Mbak Rahma)

    BalasHapus
  10. amin ya rabbal alamin..jazakillahukhairan ya Dina....

    BalasHapus
  11. alhamdulillah ( maksudnya teman sholat??) ..yg sholat sih baru 2 orang said dan nabila(klas 6 )... itu juga sholat sendiri-sendiri..disaranin jamaah an " malu" katanya ^_^ yg dr negara lain belum ikut sholat sepertinya...blm 10 th usianya mungkin ya...masih latihan..

    BalasHapus