Jumat, 12 Desember 2008

said dan ekstrakurikuler syougakkou

Sejak mulai  sekolah dari taman kanak-kanak sampai SD kelas 3 Said  belum pernah kami ikutkan dalam satu perkumpulan ekstrakurikuler apapun.

pernah..suatu ketika saya ditanya kenapa tidak diikutkan ekstra kurikuler  seperti renang,karate atau apa sajalah untuk menambah ketrampilan.  Karena teman saya yang bertanya itu sangat "panik" dengan keadaan persaingan ekskul di sekolah taman kanak-kanak dimana putranya sekolah..hampir semua anak punya ekskul, seperti berenang, kursus bahasa inggris dan karate.

Hmm..ingin sih ingin..anak-anak ikut ini-ikut itu..tapi  yg sebetulnya ingin itu anaknya atau orang tuanya. Kecuali itu juga harus atas kemauan dari sang anak yang akan menjalaninya.

Saya berikan jawaban kepada teman saya yang bertanya tadi....keinginan memang ada,tapi keadaan yang tidak mendukung dan anak belum mau sepenuhnya..untuk mengerjakan pekerjaan rumah dari  sekolah saja perlu ekstra perjuangan si said juga umminya, dan uang bulanan ekskul  tidak sedikit , bila dilihat dari pendapatan biya siswa bapaknya untuk biaya hidup berlima di kota besar Tokyo.

Saya lebih "panik" bila anak saya tidak mau belajar a ba ta tsa, "panik" bila nilai-nilai islam yang saya pesankan disela- sela kebersamaan saya dengan anak-anak tidak melekat diingat anak-anak.

Kebetulan said dari TK dan SD sekolah di sekolah "negeri" nya jepang (punya pemerintah) jadi saya yakin saja  dengan kurikulum pendidikan dasarnya   pasti sudah dikaji untuk perkembangan anak umur SD.

Benar..ketika kelas 4 shyougakkou, said dan teman-temannya mulai diwajibkan ikut dalam satu kelompok ekskul, minimal satu yang wajib diikuti. akhirnya said ikut satu kegiatan pra model, bukan jadi foto model  looh tapi klub anak-anak yang suka menyusun potongan-potongan model robot atau kendaraan. Ini dilakukan di sekolah  selepas jam pelajaran berakhir, dipandu seorang guru.

Cerita awalnya Said milih sendiri tanpa minta saran ke abi dan ummi, ketika saya tanya kenapa tidak ikut gambar ilustrasi? atau badminton....( nyari yang modalnya murah ^_^) ilustrasi tidak suka dan badminton sudah penuh peminatnya. Sepakbola pun sudah penuh:(

Untuk pra model ini ummi harus mengeluarkan uang belanja sedikitnya 500 yen per pertemuan..sedangkan olahraga lebih murah beli bola/raket sekali ^_^ tapi  insyaallah said banyak belajar dari sini, melatih motorik halus,  dan ketrampilan bersabar, mengurutkan petunjuk penyusunan model satu persatu. dan hasilnya bisa di"kazari "( dipajang) dikamar.

Kemudian ada satu lagi ekskul yang diikuti Said yaitu Kendo, bela diri khas jepang . Dengan prinsip "menolong". senjata(ken) adalah untuk menolong sesama, membela kebenaran dan keadilan. Ketika Said minta abi mengisi formulir pendaftaran ada sedikit kekhawatiran ummi apakah  kendo tidak berbahaya... Alhamdulillah dari pertama kali abi mendampingi said pergi kendo, anak-anak di ekskul kendo ini dilatih untuk disiplin,sopan menjaga manner  selain bela diri dengan ken(pedang dari bambu)

Said pun merasa senang dan lebih bersemangat mengerjakan pe-er sebelum pergi latihan kendo. Untuk uang bulanan pun cuma 1000 yen /bulan  dan kostumnya pun dipinjam dari perkumpulan kendo Niigata ranting Terao...alhamdulillah .. (kalo lihat harga kostum itu 30.000 yen keatas *_* ) salut deh dg kebijakan dipinjamkan kostum ^_^..namanya juga anak-anak cepet tumbuh tinggi dan besarnya..baju juga cepat kesempitan. Untuk ken/pedangnya harganya sekitar 3000 yen Alhamdulillah  ken nya dihadiahi temannya....yokatta.. yosh...ganbare Said ..BISMILLAH.. " you can do " KENDO  

14 komentar:

  1. biasanya klau kakaknya mau adiknya juga mau

    BalasHapus
  2. makasih sharingnya mb. Rahma...saya juga masih aja bingung Maisa dan Irfan ikut ekskul apa...ada yang kita mau , anaknya tidak mau...ada yang anaknya mau, tapi kondisinya ga mungkin..seperti sebulan yang lalu coba ikut latihan aikedo, anaknya berminat, sayanya yang khawatir..dll lah...Maisa pernah ingin ikut ekskul memasak, eh batal..katanya kadang2 masak buta niku lah...akhirnya ikut menggambar ilustrasi dan bercocok tanam..tfs ya mbak, jadi punya gambaran ntar buat Irfan...

    BalasHapus
  3. wah, baru tau, Mbak Rahma. ternyata ekskul itu wajib tho... untung ekskulnya macem2 ya, nggak cuma pramuka kayak aku waktu SD dulu, hehehe... eh, dulu juga ikut dokter kecil, ding :D

    BalasHapus
  4. iya Dina ..wajib mulai kelas 4 SD, dan di TK terserah ortu...ketika said tk di midori youchien fuchu tokyo, (TK negeri/pemerintah punya ) tidak pernah ada selebaran- selebaran yg menawarkan kursus2 buat anak2 tk, tapi kalo Tk salman , tsubasa youchien (tk swasta) selebaran "promosinya" banyak banget....dibawain pulang dlm" e hon bukuro"/tas bukunya

    loh ...pramuka dulu kan wajib dina...baru yg lain boleh pilih... aku kok milih "tari jawa" ya dulu pas SD....kalo dokter kecil ikut penataran saja :D

    BalasHapus
  5. sama sama mba dayang....wah ilustrasi dan cocok tanam bagus mba...maisa semoga menyukainya:)
    saya juga banyak menimbang..spt kendo ini memakai kostumnya saja said harus "musunde" mengikat tali berapa kali- pdhal saya tahu kalo said agak susah motorik halusnya, ya biar latihan sekalian...dulu saya sampai sediakan potongan tali ..agar said latihan tali temali...tapi sayanya gak sabaran :(

    BalasHapus
  6. secara umum di sini sekolah swasta memang menawarkan lebih banyak pilihan ya...
    lho, sama2 dokter kecil, hehehe... tapi aku juga belum pernah praktik kok, Mbak Rahma, hehehe...

    BalasHapus
  7. mudah2an Said sukses berlatih kendo nya ...Said dan kostumnya keren ya mbak...., seperti ksatria cilik..:)

    BalasHapus
  8. iya betul Dina..juga sekolah swasta lebih mahal tentu yaa:D

    BalasHapus
  9. oh gitu... salman belum kliatan maunya..tapi..pingin dibelikan pramodel juga..pdhal ditulis untuk usia 8 th keatas :)

    BalasHapus
  10. amin...trima kasih mba dayang..alhamdulillah...pas berangkat said cuma pakai baju biasa..eh pulang pakai baju "kayak gitu"..mknya sekalian di foto :D..walo bajunya" furui" tapi seneng aja tuh said ;)

    BalasHapus
  11. Said kun kakkoi :) dah besar banget kamu mas,....kendo kan gerakannnya lembut yah mba? tapi dasyat katanya :)

    BalasHapus
  12. arigatou ammah Ju...blm pernah lihat latihannya said...kapan-kapan nyoba ikut lihat..

    BalasHapus