Kamis, 25 Desember 2008

koresponden ( surat menyurat )

Kemaren siang,ada pak pos  nge bel pintu, biasanya saya harus tanda tangan di slip penerimaan, eh...dia bilang "iranai..sono mama de"...( tidak perlu ...begitu saja gpp)..

Pak posnya ternyata mau memastikan apakah "Said Ahmad Farras" penghuni kamar 202 Nagisa mansion...dengan masih berjas hujan basah kuyub....membawa sebungkus surat ..hhmm apa yah..kartupos juga bukan...bungkusan plastik yg didesain langsung bisa ditulisin alamat dan  sedikit pesan bisa ditulis dilembar kertasnya.Karena gak masuk juga di lubang loker mungkin yah..^_^.

Ternyata kiriman teman  Said dari Tokyo, Mura Kami Rai...sebaya Said yang tinggal di Ishikawa danchi Hachioji, tokyo. Mantan tetangga selisih satu kamar di perumahan pemerintah Tokyo, dimana kami tinggal sebelum pindah ke Niigata.

Sebelum kami pindah ke Niigata, Rai kun minta alamat baru kami...dia sedih karena tidak bisa bermain dengan Said lagi..karena kebanyakan anak-anak di danchi masuk ke gakudou, semacam penitipan anak usia sekolah dasar.

Mulai dari sini Said dan Rai selalu kirim-kirim kabar paling tidak ketika libur kenaikan kelas dan tahun baru, kadang lewat kartu pos kadang lewat surat dan berkirim foto.

Jadi ingat ummi kecil dulu juga punya teman koresponden ^_^...tetep lain deh rasanya dengan via email-emailan di internet.( kelihatannya lebih "nyeni" surat-suratan deh...^_^ )

 Jaman dulu sepupu ummi banyak...ada beberapa yg sebaya  tinggal di sumatra ( anak-anak pakdhe nya ummi)..juga ummi jadikan sahabat koresponden... latihan nulis dan belajar mengungkapkan kata dalam tulisan....  suenengnya kalo pak pos datang bawa surat dari sahabat ... Mungkin Said juga seperti itu perasaannya...^_^

Kadang -kadang Said dan Rai  gantian kirim gambar ilustrasi.... cuma Kalo ummi kecil dulu balas suratnya segera...kalo Said harus diingatkan umminya....maklum suka lupa dan gak telaten .Apakah mungkin ini bedanya anak laki dan anak perempuan..??

Mungkinkah korespondensi dilanjutkan bila kami sudah di Indonesia nanti?? whuaaa.... kanji dan romaji   beda sekali

(semoga bisa buat sarana said belajar dan mengambil pengalaman dari surat menyurat)

12 komentar:

  1. sebelum berangkat ke jepang aku juga punya beberapa sahabat pena, mbak Rahma. sekarang masih satu yg berhubungan, yg lain rontok (karena aku yg kurang rajin :D), hehehe... moga2 Said masih bisa melanjutkan korespondensi, yah. kan asyik kalo sampe gede masih bertukar kabar...

    BalasHapus
  2. asyik ya bahasa Jepang insyaAllah terjaga nih

    BalasHapus
  3. aku juga masih sempet melakukan koresponden kok waktu tiba di jepun th 1997 sd 1999...tapi setelah itu kan internet murah ya di jepun ^_^

    memang susah ya..kalo sdh punya kegiatan masing2...tapi insyaallah gak ada maksud putuskan hubungan persahabatan ko ya;)

    iya semoga said bisa belajar dr pengalaman ^_^ trima kasih dina..

    BalasHapus
  4. semoga ya ... soalnya bhs kalo gak dipake cepet lupa..^_^

    BalasHapus
  5. betul kok, Mbak Rahma, benar2 terasa setelah punya anak kok rasanya kurang banyak mengontak temen2 lagi, hehehe... tapi insya Allah bener2 nggak ada maksud memutuskan silaturahim...

    BalasHapus
  6. Memang beda yah. Betul, ada seninya.
    Kayak baca di layar komputer, kalah nyaman di banding di halaman kertas.

    BalasHapus
  7. apalagi yg anaknya baru tiga spt ku dina :D....insyaallah sahabat kita juga tahu kok :) ( kalo aku yg jadi sahabat dina itu ^_^)

    BalasHapus
  8. iya irma...mau nulis surat lebih banyak persiapannya, nyari bolpen ,nyari kertas...amplop..perangko dan ngeposin ke kantor pos ^_^

    BalasHapus
  9. baca di Fahima..., beneran Mbak Rahma masih pengen nambah lagi? wuih, aku udah ketinggalan jauh :D mau juga!

    BalasHapus
  10. saya dulu juga suka benget surat2an. Terlebih ketika usia SD.Seneng kalo suratnya dibalas.

    BalasHapus
  11. iyah nih sudah telat 2 pekan..tunggu saja woro-woronya ^_^

    BalasHapus
  12. sama ya mba anna....sekarang masih banyak anak SD yg surat2 an gak ya? ato sdh beralih email2an

    BalasHapus