Senin, 18 Mei 2009

donat kentang ncc akhirnya nyoba juga^_^

beberapa waktu lalu diajakin temen gabung di NCC,  natural cooking club..krn disitu ngumpul jawaranya masak memasak..Alhamdulillah bisa berguru pada mereka dan nyoba resep donatnya.

biasanya pada lapor setelah nyoba resep, cuma saya belum lapor karena blm bisa blajar ngecilkan file foto yg terlalu besar. soalnya ada peraturannya harus max 70 kb..krn arus milis yg deras bin padat..sepekan bisa 1000 email.

ya sudah di upload disini saja foto donatnya. saya pake resep bu Fatmah Bahalwan, dan nyoba dihias coklat.

satu resep bisa jadi 30 biji..tapi krn sambil momong sumayya,jadinya cuma 29 biji..dg besar donat agak berbeda gak sama persis:D

 semula anak-anak gak tertarik dg polosnya donat..setelah di hias coklat ...habis deh buat rebutan..alhamdulillah..

==================================

ini copy resep dr web NCC oleh ibu Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr   tepung terigu protein tinggi
50 gr     susu bubuk
11 gr     ragi instant
200 gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr   gula psir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   air dingin

Cara membuatnya:

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat

 ===============

klo saya kemaren  ambil adonan ,bulat-bulat se bola pingpong..atur diatar nampan /loyan segi empat..tutup plastik wrap..bila sdh ngembang cetak lubang ditengah..dg tutup pet botol juga bisa..trus baru di goreng. dg bantuan sumpit puter2 lubang donat agar tidak menyempit/buntet.

klo sdh dingin baru hias dg gula /coklat sesuka kita

selamat mencoba

13 komentar:

  1. duuh ibu...meuni kabita niih... :D

    BalasHapus
  2. mona tertarik ama donat yang polosnyaaa

    *ga rebutan ama sumayya deh hihi

    BalasHapus
  3. wow... resepnya dong mbak rahmah...

    BalasHapus
  4. mb cantik banget bentuk donatnya, bagus..tipsny apa

    BalasHapus
  5. ya gpp biar gak gemuk ^_^ kebanyakan coklat

    BalasHapus
  6. sudah saya tambahkan di bawah ... dulu buru2 posting nyambi2

    BalasHapus
  7. Keren banget deh hasilnya, nyontek ahh :X

    BalasHapus
  8. wah..Oishi sho..
    Mba, kalo mau gabung di NCC gimana caranya ya?
    Soalnya seneng bisa banyak belajar disana.

    BalasHapus
  9. @ ju: silahkan ju...;)
    @ mba fina: wah saya dulu dimasukin sama temen mba...ketika saya subcribes sendiri dan disuruh telpon langsung ke moderator di indonesia,atau sms hp nya..dan gak di add... lama...trus dikonek moderatonya sama teman saya lagi..dg menyantumkan multilpy saya yg isinya resep2 saya..baru saya di aad di milis ncc.( ternyata sekarang hrs pakai rekomendasi sptnya

    klo serius nanti saya tanya lagi ke teman saya ( sdh pulang ke indonesia)

    BalasHapus