Kamis, 21 Mei 2009

sumayya- netsu ( demam) ditolak berobat ke klinik.

Kemarin pagi sebelum berangkat sekolah,saya lihat prakiraan cuaca Niigata di internet, 27 derajat..oh sudah mulai panas. Dan berniat mengganti kostum seragam sekolah sumayya dengan baju olahraga ( taisougi). Sebelumnya sumayya selalu pakai seragam  yang modelnya seperti jas,biasa dipakai di acara formal dan di musim dingin.

Ketika saya mulai memakaikan kaos putih atasan, sumayya menolak,seraya berkata " kore salman no dayo" ini punya salman. saya pun meyakinkan Sumayya ,kalo ini seragam sekolah sumayya  dg memperlihatkan name tag yang menempel di dada sebelah kirinya. memang seragam sama dg mas salman dulu karena sekolah Tk yang sama pula. cuma ukurannya seragam berbeda. sambil meyakinkan lagi bahwa hari ini panas,dan jadwal bermain di luar " odekake" .

Karena tetap saja tidak mau pakai kaos,akhirnya saya mengalah tetap memakaikan seragam yg dia suka,cuma,gak sempat membuka kaos lengan panjang yg menempel di badannya, keburu jam jemputan datang. Perkiraan saya ,nanti bu guru melepas "uwagi"( seragam jas ) ini kalo sumayya kepanasan.

Selepas sumayya berangkat,sambil membereskan rumah,ada sedikit rasa khawatir juga sumayya kepanasan dan kecapekan, karena tadi pagi bangun lebih awal dari biasanya. Semoga sumayya banyak minum, di tempat bermain "yume hiroba stubasa yochien". walaupun sinar mentari tidak terik,tapi memang sedikit panas kering niigata kemaren.

Jam jemputan pulang sekolah tiba, segera saya ke bawah,tempat parkir di depan apartemen,melihat mini bus yochien berhenti dan terbukalah pintunya,sumayya turun digandeng sensei dan sedikt pesan " sukoshi tsukareta mitai  desu",,( sedikit kecapaian sepertinya ). Kemudian sayonara pamitan ,kami berdua menuju pintu gerbang apartemen.."sumayya gendong  ummi..tsukereta"...whuaa..gendong deh akhirnya...karena mogok naik tangga.

Sampai di dalam rumah seperti biasa minta makan lagi,"onaka suita.." katanya "ummi ..obentou zenbu tabeta yoo.."  sambil memperlihatkan kotak  bentou yang sudah kosong. Alhamdulillah... "ummi sholat  dulu ya...

selesai sholat saya melihat muka si kecil yg agak kemerahan, dan saya raba badannya sedikit hangat....demam rupanya...segera saya suapin sumayya dan saya ajak bobo,tanpa menolak. biasanya tidak demikian, ini tanda kurang enak badan, memang termometer suhu bandan menunjuk angka 37,8 derajat celcius.

Kebetulan  abinya anak anak sedang seminar di Tokyo,dan belum tahu akan berapa hari,tergantung jadwal yg bisa diikuti.  Salman dan Said sudah pulang sekolah, dan ada teman yg bermain ke rumah, saya bilang ke mereka agar teman-pulang dulu karena sumayya demam,dan minta tolong mas said untuk belanja ke toko terdekat  membeli minuman ion supply dan 2 pak susu segar,untuk persediaan minum, karena biasanya saya paksa anak yang demam untuk minum lebih banyak  dg minuman kesukaannya-gyu nyu.

Sumayya pun bobo,dengan ditempel kompres di dahinya,sambil tidur disampingnya saya letakkan telapak tangan saya di dada dan punggungnya,agar demam terserap pula ke telapak saya. Tak terasa saya pun ikut lelap,dan terbangun ketika sumayya bergerak merintih.  saya lihat jam dinding menunjuk angka 5 .30..ahk segera saya bangun, sumayya pun ikut terbangun...dan seperti lemas.. "segera ke doktersebelum tutup klinik sebelah" pikir saya.. " sumayya  yuk..ke ojiisan sensei " sumayya mengangguk mengiyakan.

Akhirnya saya gendong sumayya menuruni tangga, dan tak kuat, didepan apartemen saya gandeng  akhirnya, berjalan sebentar kesamping apartemen kami yg  terdiri dari 16 kamar dan 4 lantai..menyebrang jalan kecil menuju klinik Ojiisan, dokter yg sudah kakek buyut sepertinya. Alhamdulillah klinik kakek ini sangat membantu kami,karena saya  bisa sendiri datang berjalan kaki dengan anak-anak bila mereka kurang enak badan. tanpa harus minta bantuan suami.

sampai di depan pintu, petugas administrasi melihat dahi sumayya yg ditempel kompres langsung bertannya " netsu desuka?" ..saya jawab "Haik,  37,8 do "

 sedikit panik dia bertanya lagi* tanpa mempersilahkan saya masuk ke dalam seperti biasanya. kemudian bertanya, "apakah sudah telpon ke health  centre?" ..belom jawab saya.

dan  saya pun tanpa melepas sepatu dan mengganti suripa karena  merasa seperti ditolak masuk ,tetep berdiri didepan pintu masuk klinik. terdengar dokter dari dalam bercakap dengan perawat dan petugas administrasi yg semuanya sudah 50 th ke atas( nenek dan kakek )

kemudian petugas administrasi memberitahu, dokter tidak menerima pasien demam, pasien demam harus telepon hokken jou( health centre) baru diperiksa ke dokter, begitu kira2 saya mengartikan penjelasannya. " haik wakarimashita" dan saya pun pulang dengan menggandeng sumayya sampai didepan pintu apartemen kembali,dan menggendong sumayya naik ke lantai 2 kamar apartemen kami.

Sambil mengatur nafas,saya merasakan.."rasanya ditolak berobat".. hehehe... tapi gak papa mungkin karena di jepang sedang ada wabah swine flu, walo belum sampai Niigata. Kembali kerumah,saya ajak sumayya bobo kembali ..sebelum tidur lagi sumayya sempat bertanya " ojiisan sensei inai no?"..kakek dokter gak ada ya?..sedih nya.... akhirnya saya sms suami yang di Tokyo..Alhamdulillah, kangmas  mau pulang  malam ini dg shinkansen.

ping pong....!!! bel rumah dipejet tamu...Said dan salman yang membuka pintu..ternyata petugas administrasi klinik sebelah, dia minta maaf dan menanyakan kondisi sumayya. saya bilang suami saya sedang ada seminar di Tokyo nanti sampai rumah baru mau telepon health centre niigata.

Alhamdulillah suhu  badan sumayya tidak sampai menggigil seperti sakit influeza type A dulu yg sampai 39,.. C. dan tidurnya pun tenang, tidak ada sesak napas, walo sedikit batuk.. sampai abinya pulang demam sumayya sedikit turun walo masih diatas 37,..

Pagi hari demam masih 37.2 dan kami telepon ke health centre, mereka bertanya habis bepergian kemana?, kami jawab tidak bepergian ,cuma ke sekolah -youchien dan dirumah saja..  dan kami bilang dokter di klinik tidak mau menerima pasien demam.  Petugas pusat kesehatan Niigata menjelaskan, Niigata belum terinfeksi shingata influenza, jadi silahkan ke klinik yang mau menerima,  peraturan lapor ke hokken jou terlebih dulu hanya untuk daerah yang sudah terinfeksi shingata influenza.

Jelas sudah... Alhamdulillah... hari ini sumayya libur sekolah, mungkin memang hanya kecapaikan dan kurang minum ketika bermain di yume hiroba  kemarin.

semoga wabah influenza jenis baru segera bisa diatasi dan kita semua terhindar  penyakit ini amin.

 

 

16 komentar:

  1. Syafakillah sumayya sayang :X

    BalasHapus
  2. wah ternyata ada penolakan juga ya di jp :D

    BalasHapus
  3. jadi pada parno gitu deh orang jepang, ya ...
    kalo batuk2 (karena keselek, dll) di kereta/tempat publik laennya, siap2 deh dipelototin, hehe

    BalasHapus
  4. syafakillah sumayya....

    jadi ketakutan gitu ya kakek dokter dan nenek suster :)

    BalasHapus
  5. @ tante risa: insyaallah
    @ kewanitaande: amin jazakillahukhairan
    @ om zubair: insyaallah
    @ammah Ju: amin terima kasih doanya:x
    @ teh iswanti:iyah teh 10 th di jepun baru sekali ini kejadian :D
    @lala:iya teh ..sebaiknya nyadar pake masker klo rada..gak enak badan :D
    @ ammah Mona: amin..iya Mon..kan semua sdh berumur, sehat itu nikmat lebih baik mencegah dr mengobati :)
    @ dian: Alhamdulillahi rabbil 'alamin....tadi sdh periksa ke klinik lain..radang amandel /hentosen krn kurang minum

    BalasHapus
  6. syafakillah sumayya, umminya juga semoga sabar dan sehat selalu, dedek di kandungan juga. Duh, lagi hamil gendongin turun tangga...hati2 ya Mi.

    BalasHapus
  7. gimn kondisi sumayya sekarang mba?? semoga sudah baikan.

    BalasHapus
  8. @ bu ira:amin ..terimakasih doa dan nasihatnya ..insyaallah dijaga hati2 nya
    @ bu yati: alhamdulillah sudah tdk demam,tinggal memulihkan nafsu makan...dan melatih banyak minum..( krn kadang masih malu-malu di sekolah masih lupa minum ,gak dipaksa sama bu guru sih ya ;))

    BalasHapus
  9. dah sembuh sumayya?? :) mdh2an gpp ya....
    emaknya jg gambatte :x

    BalasHapus
  10. alhamdulillah hari ini sdh sekolah, besuk ensoku sama ummi...makasih tante:x
    kapan ya ke tokyo lagi ketemu tante rina n trio M :D

    BalasHapus
  11. iya....virus flu banyak ragamnya...
    semoga cepat sembuh ya...
    kalo virus ga ada obatnya paling dokter cuma kasih obat yang menyertai gejalanya
    nanti akan senbuh sendiri bertarung dengan daya tahan tubuh so mesti banyak makan, minum dan tidur. semoga lekas sembuh ya?

    BalasHapus
  12. terimakasih mba dhian..atas perhatiannya ..alhamdulillah sdh sembuh sumayya

    BalasHapus