Minggu, 08 Juni 2008

summer,swiming pool, dan sake

said haus, dituangnya  pet botol Calpis,minuman susu fermentasi yang tadi siang menemani abinya makan siang dengan oom kenshusei yang silaturahim ke apartemen kami, sambil duduk di bed lipat nya seraya bergumam." oishii.....kore sake...salman sake hmm" mungkin maksudnya meniru gaya-gaya orang jepang yang gemar sekali minum sake, dipamerkan ke adiknya,salman.

ummi yang ada tepat didepan, langsung telinga berdiri...menoleh ke said dan berkata:"apa mas..sake??? orang islam gak boleh minum sake dan sejenisnya bukan??" tanya ummi meyakinkan kalau Said sudah paham betul dengan larangan itu, dalam keyakinannya.

"iya ummi..wakatta" sahut nya. tapi yang namanya anak-anak ada sesekali iseng yang mungkin harus diarahkan dan harus sering sering diarahkan juga diingatkan.

"sake itu kalau minum banyak memabukkan" lanjut ummi

"kalau minum sedikit kan enggak mi"timpal Said mulai berargumen.

"ya sedikit pun dilarang,karena memabukkan,juga wine,bir dan sejenisnya"ummi pun ngasih serentetan alesan.

"kenapa wine gak boleh mi .....kan lain dengan sake...?" tanya Said ingin tahu, karena warna wine yang menggiurkan mirip jus buah anggur.

"sake dari beras, kalo wine dari anggur" ummi menjelaskan lagi..

"tapi sensei numpahin sake ke puuru di gakkou"ujar said kemudian, menjelaskan kejadian yang baru saja dilihatnya di sekolah.

"eeh hontou..??untuk apa sake dituang ke kolam renang? tanya ummi gak percaya seraya ingin tahu.

" sensei nuang di cup kecil trus dituang di puuru, juga nyebar o kome" said memaparkan apa yg dilihatnya di sekolah.

" trus buat apa? aneh..hen da ne..." ummi menimpali.

"kata sensei biar nanti pelajaran berenang gak ada yang tenggelam" ujar said sambil memperagakan orang tenggelam dg gerakan badannya.

"ahh..gitu ya sensei onegai nya... oinori nya...hehe" "kalau said berdoanya kepada Allah SWT "

aneh ya orang jepang. Masih saja percaya begituan. Ummi meyakinkan Said tentang harusnya berdoa kepada Allah saja,  tuhan yang Esa.

Ya....jepang mulai memasuki musim panas...berarti pelajaran berenang di sekolah,  dan pasti cepat haus...pihak sekolah sering mengingatkan tentang perlunya memakai topi dan membawa suito bila bermain di luar.

Ketika berjalan di bawah terik mentari ,jidou hanbaeki selalu menarik perhatian anak-anak,tuk mencicipi berbagai minuman yang ditawarkan.Tapi ocha dan air mineral tetap yang terbaik untuk mengurangi dan mencegah serangan dehidrasi.

Begitulah obrolan ummi dan said tadi malam....di jepang minuman beralkohol hanya boleh dibeli dan dikonsumsi  orang dewasa,20 th ke atas.

tapi ummi terus berusaha mengingatkan bahwa minuman khamar/memabukkan tidak boleh diminum oleh kami umat Islam, walaupun sedikit..karena kami ingin Allah Selalu sayang ,kepada yang mematuhi perintah dan meninggalkan larangan Nya.

 

(obrolan ummi dan said sedikit diterjemahkan dlm bhs indonesia,krn said lebih banyak bercerita ke ummi dg bhs jepang ^_^)

 

====================================================================

kenshusei= yang magang/trening di jepang

oishii= enak

sake=minuman beralkohol dari beras

wakatta= sudah mengerti

puuru= swiming pool/kolam renang

sensei= guru

wine= baca: wain= anggur

gakkou=sekolah

o kome= beras

hontou=benar!!??

hen da ne = aneh ya

onegai=memohon

oinori= doa/berdoa

suito= tempat air minum

jidou hanbaeki= mesin otomatis yg jualan minuman di pinggir jalan.

6 komentar:

  1. sake dan mirin juga suka dipake di masakan bento mba, kalo di Indonesia resto Gokana Teppan yang telah mempunyai sertifikat halal LP POM MUI

    BalasHapus
  2. ah..di indonesia juga dipakai buat bumbu ya mba Didin? spt hoka2 bentou itu?hmmm....jazakillahukhairan infonya:)

    BTW pernah dulu ngobrol2 dg ibu muslimah yg bersuamikan org jepang,untuk menyiasati agar masakannya tdk di komentari sang suami( cocok di lidah suami yg jepanese ).. dimasukkan permen/candy(yg keras itu ) sebagai pengganti mirin. katanya mirin itu rasanya sedikit manis :)

    BalasHapus
  3. iya mereun ya.. waktu saya tanya2 resep saos teriyaki yang ga pake mirin, ada yang ngasih tips diganti dengan madu, manis juga kan mba :)

    BalasHapus
  4. segeerr.... bugeeerr bacanya mbak :)

    BalasHapus
  5. serasa minum calpis atau nyebur kolam renang teh Lizsa..^_^..??

    BalasHapus