Jumat, 14 Maret 2008

catatan akhir klas 3 SD

Said ahmad Farras sulungku, bulan september tahun ini menjelang 10 tahun usianya. Dimana dalam Islam 10 tahun sudah mulai harus disuruh sholat 5 kali dalam sehari bila tidak mau maka boleh dipukul ^_^  . Said sudah mulai serius disuruh sholat ketika  umur 7 tahun.Sedikit sedikit bertambah mengerti akan kewajiban  sholatnya. Dan berjanji akan sholat dhuhur di sekolah mulai usia 10 tahun nanti.Karena selam ini sering masih dirapel dirumah ketika sholat ashar ^_^.

Alhamdulillah  sepulang liburan dari indonesia dan khitan  akhir 2007 s/d awal januari 2008 ,ada yg berbeda...setiap hari said bangun pagi.. tanpa dibangunkan abi dan umminya malah kadang bangun kepagian ^_^ karena musim dingin bangun jam 5 belum masuk subuh ^_^.Malam lebih panjang daripada siang.jadi  Said sudah mulai sholat subuh berjamaah dengan abi dan umminya.

Juga sudah mulai  kritis dengan keadaan dan lingkungan sekitar. Sudah bisa membandingkan dan memilih mana yang baik dan yang tidak baik. Tapi walo begitu sifat kekanakan nya dan keisengannya kadang muncul juga ^_^ namanya juga anak-anak.

Kadang kalau aku belum siap dengan lauk pauk jam makan, Said sudah bisa masak tamago yaki sendiri, cuma aku masih khawatir dengan cara Said menyalakan api kompor gas kami yang sudah dimakan usia itu ^_^..Jadi aku bantu menyalakan kompor dan aku selalu berpesan jangan nyalakan kompor sendiri bila abi dan ummi tidak dirumah.Berbahaya.

Mengaji dan menghapal surat surat pendek  secara bergantian,sedikit sedikit mulai bertambah walau kadang lafalnya masih terpengaruh logat bahasa jepangnya. Semoga saja dengan bertambah usia bertambah pula kefahamannya semakin baik makhrajnya.

Belajar membaca dan menulis huruf Romawi masih harus ditingkatkan lagi,mungkin belum kutemukan metode yang pas buat Sulungku ini...atau karena aku ibunya kurang telaten mengajarkan...karena belum begitu diperlukan^_^ ( padahal sudah sejak Said usia 3 tahun mulai kukenalkan  baca tulis romawi *hiks*....x_x...). Anak SD jepang baru diajarkan menulis huruf romawi ketika kelas 3 .

Aku banyak belajar pada sulungku tentang percaya diri, dan keberaniannya. sejak taman kanak kanak sampai SD kelas 2 di jepang,Said jadi anak yang berbeda sendiri disekolah(orang asing dan muslim ), tapi selalu riang ,banyak teman dan baik hati (ini kata teman2 disekolahnya ^_^) . Ketika teman jepangnya ke rumah,Said dengan percaya diri sholat dhuhur ditungguin temannya karena said selalu bilang .."oinori suru kara ,matte te ne!!"("berdoa/sembahyang dulu tunggu ya!!")....sampai temanya berujar" sedang apa kamu??" " berdoa??" ""siapa yang mati??" hehe..emang kalo orang jepang berdoa ke arwah leluhurnya ^_^ .

Pun setiap hari ketika dulu harus menenteng kotak makanan bekal makan siangnya,selama 2 tahun pertama masuk SD jepang. Aku Lihat betapa banyak "cantelan" barang bawaan dihari Senin (catelan itu adalah = tas uwabaki/sepatu kelas,tas taikuki/seragam OR,tas otouban no fuku/baju tugas dan tas buku/hon bukuro ditambah o bentou/kotak makanan ..)Dan tas Randoseru di punggung.Semoga beban itu sebagai latihan, fisikmu menjadi kuat.

Alhamdulillah di Niigata, Ikarashi shyougakko mengganti menu untuk muslim...sedikit bisa mengurangi beban bawaan ke sekolah juga tanggungan umminya masak o bentou ^_^

Sebentar lagi Said naik kelas 4 SD jepang semoga tetap istiqomah dan penuh semangat ya anakku sayang...yakinlah Allah selalu melihat usaha hambaNya ...semoga Said tumbuh sehat ,cerdas , shaleh, kuat jasmani ruhani dan selalu bersemangat

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

foto:said n kelompok hapyou kamisibai (cerita bergambar)

3 komentar:

  1. Said sudah besar yah nak,...semoga Allah truss menjagamu hingga menjadi insan bertaqwa dan berdayaguna, amiin.
    Salam sayang yah said ;D
    btw mb aku mengajarkan fathin membaca sejak dijepang ini pake buku yg dipakai di TK Dzaratul Mutmainnah BATAN, subhanallah cepet loh mb, sekarang hampir selesai buku 1. ada 2 buku tipis tidak lebih dari 20 lembar, cara belajarnya persuku kata, insyallah kalau sudah selesai buku 2 bisa membaca dengan lancar mb, kalau mau aku bisa kirimkan filenya sudah ku scan.tapi tdk disebar luaskan yah. untuk said saja.ntar takut disangka membajak lagi hehehe.

    BalasHapus
  2. amin..................................

    BalasHapus
  3. terima kasih doanya ammah Juariyah :x
    dan tawarannya kusambut bahagia jazakumullahku khairan katsiran :x..mo belajar membaca.... said bisa membaca tapi masih blm lancar dan ogah2an :(

    BalasHapus