Selasa, 04 Maret 2008

Episode Salman Tanjokai

Sudah menjadi agenda tiap tahun, bila anak masuk sekolah taman kanak -kanak di jepang, kami orang tua menghadiri tanjokai dibulan kelahiran anak kami.

Sebenarnya tidak menjadi kebiasaan kami dan keluarga kami merayakan ulang tahun. Karena memang gak ada ajarannya dalam agama Islam.  Ulang tahun  lebih tepat  sebagai sebuah peringatan dari Nya. Tapi bagi anak-anak mungkin belum bisa mengerti dengan baik apa arti "muhasabah"dan instrospeksi.( biar kami orangtuanya yg lebih dulu instrospeksi) 

Begitu pula sabtu kemaren(1 maret2008 ) di tanjokai tsubasa  youchien , ulang tahun identik dengan strawberi cake, coklat cake . Kesempatan menyaksikan langsung  anak anak di kelas Salman , kami bisa belajar dari anak kami akan ketaatan,perbedaan dan kesabaran.

Setelah acara panggung selesai , kami dipersilakan masuk kelas "bara", ruang kelas dimana salman dan teman temannya belajar dan bermain bersama.  Maret ini hanya Salman sendiri yg berulang tahun di kelas bara. Jadi Salman adalah anak termuda di kelas . Maret adalah bulan terakhir tahun ajaran  di jepang.

Di dalam kelas  teman-teman Salman sudah menunggu,karena mereka lebih dahulu masuk kelas sementara Salman melepas kostum pentas dahulu dan bersama kami ortunya masuk kelas kemudian. Tampak di depan kelas nampan berisi strawberi coklat cake sejumlah anak di kelas...ooh tunggu.!!.bukan !!...ada dua yang berbeda. Dua piring kecil berisi buah buahan.

Kami tahu  ..dua piring itu disediakan khusus untuk Salman-kun dan Tsbita-chan temen sekelas Salman, muslim dari Indonesia.  Bukan diskriminasi atau dianggap anak tiri.. .... karena kami orang tua muslim sudah berpesan kepada pihak sekolah bahwa kami dan anak anak kami tidak makan makanan yg mengandung babi dan turunannya juga sake dan sebangsanya. di jepang sangat sulit mencari cake yang bebas wine/alkohol dan gelatin yg mengandung lemak babi. Jadi pihak sekolah selalu menyuguhkan hidangan yang aman(baca -halal) untuk anak anak kami.

Sudah setahun Salman setiap bulan hadir di tanjokai, selalu bersabar menerima perbedaan hidangan , dan tetap taat pada pesan ummi dan abi juga Allah SWT tentu nya.kami melihat Salman dengan ceria  melahap habis buah -buahan dipiring kecilnya, tanpa sedikitpun ingin memakan cake yang disantap teman teman sebangkunya.

 Hal yang berbeda dengan ketika kami dulu hadir di tanjokai Said sulung kami, karena dahulu Midori yochien, Fuchu shi,Tokyo dimana  Said belajar, hanya membagikan senbe/kerupuk/panganan kemasan yg langsung bisa dibaca komposisinya di bungkus plastiknya. untuk menggantinya pun mudah ,tinggal beli krupuk di kombini atau bawa dari rumah.Said kecil pun bersabar tidak memakan oyatsu , menghampiri kami dan bertanya "bolehkah"  jajanan ini dimakan? "

Setiap hadir di acara sekolah anak anak kami,tak terasa mataku ini tiba tiba basah,karena haru yang menyelinap didalam hatiku,banyak hal yang bisa kami ambil pelajaran dari kunjungan ke sekolah anak. Ini hanya sepenggal kisah pendek menghantar anak  melewati jalan panjang kehidupan dunia menuju akhirat yang abadi.

************************************************************************************************::

Untuk menyiasati agar anak anak kami  tidak rendah diri dan tetap percaya diri dalam perbedaan dan tetap bangga akan keislamannya , kami sediakan ganti cake  made in ummi di rumah.namanya juga anak-anak, pastilah ada rasa ingin juga makan cake seperti teman temannya.

 

********************************************************************************************: 

 sedikit percakapan ummi dan salman:

ummi: salman makan buah ya tiap tanjokai

salman:iya

ummi:salman gak ingin makan cake?

salman:keki ni jeratin ga haite datte, sensei yutta.(dalam cake ada gelatin katanya,bu guru bilang tadi)

ummi:ooh cake nya ada gelatinnya ya...

salman: ummi no keki noho ga oishi yo (keki buatan ummi lebih enak loh )

ummi:hontou??( benar)(dlm hati: alhamdulillah.....)

*****************************************************************************************::

tanjokai=pesta ultah

yochien=sekolah taman kanak kanak

bara= mawar (nama bunga)

midori=hijau(nama TK said dulu)

tsubasa= nama burung (nama TK salman)

oyatsu=  makanan jajanan/cemilan

10 komentar:

  1. *hiks* jadi terharu ... :')

    btw, kemaren la2 jg abis soudan sama para koki di hoikuen baru rafa (chiharu-hoikuen)
    ada rasa nggak enak jg sih ... bikin mereka rada2 bingung
    "kore dame, sore dame, are dame" soale :D
    tapi karena bikin bento dari rumah nggak diperbolehkan ... yaaa ... shou ga nai ...
    "meiwaku" kakete shimaimasu deh ... ^^; (atau lebih tepatnya "osewa" ni narimasu ya??? :p)

    BalasHapus
  2. subhanallah...yaa salman...Farhan kalau cake masih suka makan Rahma..walau udah pesen ke pihak sekolah kalau farahan juga nggak makan buta, sake dan turunannya...Yaa....wallahu'alam...

    BalasHapus
  3. neng lala sayang...gak usah sedih.."Allah melihat usaha kita bukan melihat hasilnya" jadi ya Alhamdulillah lala sdh berpesan ke koki hoikuen, jadi sudah "berusaha" maximal..memang sulit sekali ya terasanya.....tapi kan seneng bebas dr masak bentou rafa ^_^

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah Desi.. tsubasa youchien niigata ini baik banget dg orang asing^_^
    pernah anak2 habis bermain dibagikan oyatsu bourbon coklat wafer...trus anak2 yg muslim dibagikan senbe....setelah aku "cek n ricek"( baca komposisi bhn) ke supaa ternyata wafer bourbonnya itu ada sake nya.

    mungkin cake di youchien Farhan pesan di keki ya -san bebas dari wine /alkohol Desi...wallahu A'lam

    BalasHapus
  5. lala terharu baca percakapan ummi & salman loh, apalagi yg ini:

    salman: ummi no keki noho ga oishi yo (keki buatan ummi lebih enak loh )

    *hiks* lagi ...

    BalasHapus
  6. duh lala....itu salman emang lagi seneng nyanjung umminya biar gak stress kali yak... ummi kirei...ummi daisuki...ummi kawai... juga lagi seneng banding bandingin..

    tapi memang sejak tante Rina menghibahkan alat bikin sponji kekinya ....saya jadi sering bikin cake tuk desaato ^_^ kerena sering ngiler lihat macam2 dessert cake di supaa:)

    BalasHapus
  7. mba rahma, saya juga ngiler deh pengen cake buatan umminya 3S^_^

    BalasHapus
  8. untuk melia ..peringatan!!! ibu hamil gak boleh makan keki banyak banyak!! nanti over weight :D :D

    BalasHapus
  9. salman kun kakkoi na,..sholihhhh dehhhh, subhanallah indah ya mb dicintai anak2.

    BalasHapus