Rabu, 07 Mei 2008

cidera

Liburan golden Week tinggal sehari. Matahari pagi berseri.

Said  tak sabar untuk pergi,ke koen terao chuo untuk mencari zarigani, di kolam kecil nan asri.

Akhirnya  4 ekor zarigani berhasil ditangkapi untuk   dipelihara dimusim panas tahun ini.

Musi kago ini terlalu kecil, said ingin zarigani tachi tinggal di kotak yang agak lebar agar mereka nyaman dan tumbuh besar.

Sekalian jalan-jalan  bersepedalah kami sekeluarga dengan tujuan belanja keperluan sehari hari dan konsumsi.  Dan jika ketemu kotak tempat musi atau zarigani akan kami beli.

Bersepeda bersama -sama,berurutan kami jalan mengayuh sepeda. Abi di depan dengan memboncengkan   salman dan sumayya.

Said di tengah dengan sepeda merahnya.

Ummi menyusul dibelakang ,karena harus menyiapkan minuman bekal jalan-jalan dan mengunci pintu apartemen.

 Jalan tanjakan dan turunan sudah terlewati....posisi parade sepeda masih seperti tadi.... tiba-tiba sepeda Said terhenti.. roda depan seperti terkunci... posisi badan  Said agak berdiri. Pikir ummi said mulai "iseng " lagi, bak atlit  "BMX bycycle show"  yang sedang beraksi.

Tetapiii innalillahi...Said anak ummi dan abi yang gesit ini jatuh terjerebab  sendiri ,tepat didepan sepeda ummi.

 Said meringis dan sedikit menangis menahan sakit di siku sebelah kanan.Parade sepeda pun dihentikan, kami semua menepi di sebelah kiri trotoar. Kami periksa siku kirinya, sedikit ada tojolan yang keras, dan rasa sakit bila Said menggerakkan tangan kanannya.

Melihat ada yang serius dengan siku Said, akhirnya ummi telepon tante Jenny, tetangga yang tinggal persis dibawah kamar apartemen kami. Yang sudah lebih lama bermukim di Niigata ini.Dan bantuan pertolongan datang, Om Askari menjemput Said untuk dibawa ke klinik yang buka jaga di hari libur 4 hari.

Abi menitipkan sepeda ke supermarket terdekat,dan kemudian menemani Said dalam mobil pergi ke klinik orthopedi. Abi berpesan agar ummi tetep belanja dengan membawa Salman dan Sumayya. Tapi apa daya...udara yang sudah mulai hangat ini menjadi dingin dirasakan ummi. Karena insiden kecil tadi sudah menguras hawa panas dalam tubuh ummi.

Ummi coba masuk ke satu toko,mencoba mengingat apa yg mau dibeli tadi. Tapi pikiran tetap ke Said yang masih belum pasti,bagaimana nasib sikunya nanti.

Ummi pun ambil keputusan,tidak jadi belanja kebutuhan,pulang kembali ke rumah menjadi pilihan. Mengayuh sepeda dengan 2 boncengan depan belakang,sedikit membuat ummi kedinginan dan perut pun keroncongan.

Maghrib pun tiba... bersamaan dengan kabar di-gips-nya siku kanan nya Said, ummi berdoa semoga tidak parah dan bisa pulih seperti semula.

Sekitar pukul 9 malam Said dan Abi pulang.Kami sambut dengan sedikit kesedihan...melihat siku kanan yang digendongan. Sebulan penuh siku tangan said tidak boleh digerakkan. Menunggu tulang kembali seperti posisi semula.

Sebentar lagi pesta olahraga ( undokai )Ikarashi Shyougakkou digelar. Said harus bersabar  bak atlit olah raga yang sedang cidera. Ummi yakin teman-teman di kelas 4-1 pasti merasa sedih juga  , karena satu atlit yang memperkuat tim kelasnya absen undokai tahun ini. Tanggal 24 Mei 2008 belum ada satu bulan gips yang membalut siku Said.

 Alhamdulillah ..............Begitu banyak hikmah yang bisa kami petik dari musibah ini.

semoga cepat sembuh mas Said..... dan bisa beraktifitas lagi...............kami semua sayang mas Said

=================================================================

said sedih tapi tetep ceria: pulang dr klinik bertanya ke ummi:

" ummi..zarigani no kago katta no??"(ummi kotak tempat zarigani sudah beli ? )

masssiiih aja inget!!! ...ummi sdh lupa ketika insiden jatuh dari sepeda tadi nak!!!

dari hasil interview dg Said, katanya sepatu yg dia pakai sepatu lama sehinnga licin tergelincir dari pedal sepeda..dan mungkin tiba2 dia mengerem roda depan mendadak yang akhirnya sepeda nungging ,berdiri dg roda depan dan Said terpelanting ke kanan

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

zarigani= hewan yg hidup di kolam/sungai, mirip udang tapi capitnya spt kepiting.

koeng terao chuo= taman terao chuo

zarigani tachi= para zarikgani(jamak/banyak)

musi kago= kotak serangga/kurungan serangga

ket.foto: said sedang bobo siang..(baca ketiduran ^_^)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

jazakumullahukhairan katsiran untuk keluarga tante Jenny dan Om Askari atas bantuannya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

20 komentar:

  1. Innalillah wallhamdulillah, cedera Said tidak lebih parah dari itu, insya Allah sembuh ya Nak. Sembuh dengan tidak menyisakan sakit sesudahnya. Mesti memperhatikan sol sepatu anak-anak nih. Makasih membagi cerita, Mbak Rahmah.

    BalasHapus
  2. Oya, Fadhl punya zarigani satu ekor, sudah setahun dipelihara bersama-sama ikan koki. Baca di artikel soal zarigani, agar bisa hidup dengan sehat, perlu air yang mengalir, kalau dalam kotak berarti perlu penghasil gelembung udara. Sukanya di air yang jernih juga. Habitat utamanya di dasar air terjun, datte.

    BalasHapus
  3. syahulloh said...
    semoga segera pulih yaaaa

    BalasHapus
  4. semoga cepat sembuh yaaaaa....

    BalasHapus
  5. terima kasih tante Nesia...
    manusia berencana Allah lah yang maha menentukan....pasti banyak pelajaran kami dapatkan...

    waktu di terao chuo koen , umminya said sudah menyempatkan diri masuk ke toko Shimamura yg deket banget dg taman terao chuo, karena dapat laporan dari said ,sepatu musim dingin sdh kepanasan dipakai..dan sandal musim panas th lalu sdh dibuang. Kemudian said milih pakai sepatu lama yg agak tipis bahannya( sepatu ini sdh mau aku buang juga ^_^..telat..)
    tapi ternyata sandal yg seukuran said tidak ada di shimamura.kebetulan toko sepatu berlawanan arah dg taman. tapi searah dg jalan dimana said jatuh dr sepeda.

    sebenernya kami agak boros juga dg sepatu, kalo sol sdh tipis walopun masih bagus tetep saja dibuang(ganti)...apalagi lihat anak anak yg super aktif gini ....kalo nyari sepatu yg solnya anti slip ^_^

    BalasHapus
  6. masya Allah awet ya..^_^ jazakillah khairan infonya Nesia
    kalo bareng se aquarium gak papa ya? ikan gak dimangsa zarikani gitu?
    kebetulan ada piaraan ikan emas 3 ekor hasil said"nyendok kertas" di sakura matsuri april lalu trus tambah zarigani 4 ekor.... cuman sayang aquarium yg ada gelembung udaranya sdh dibuang ketika pindahan ke niigata th lalu:(
    harus ke home senta berburu keperluan hewan2 mungil itu..^_^

    BalasHapus
  7. gitu ya. saya kadang gak sadar soal sol sepatu anak-anak nih. arigato.

    BalasHapus
  8. selama ini sih zarigani nggak berani jepit ikan. malah kayaknya dia yang ketakutan sama ikan. tapi gak tau deh mbak rahmah, soalnya zarigani di aquarium itu cuma satu. o iya, ikan kokinya itu juga hasil kingyou sukui waktu natsu-matsuri, dah lama juga, dua tahun lalu. esa (makanannya) juga jadi bareng. esa buat ikan koki, disukai juga sama zarigani. cuma pernah kejadian, satu di antara ikan-ikan koki itu mati, nah yang mati itu mau dimakan sama zarigani. jadi, kayaknya sifatnya si zarigani ini seperti kalomang, yaitu pembersih bangkai. oya, kalomang saya dilahap sama kura-kura loh! ternyata kura-kura itu lumayan buas >_

    BalasHapus
  9. adduuh..said...semoga lekas sembuh yaa...musibah memang nggak pernah disangka yaa rahma

    BalasHapus
  10. wah maaf ya mbak kita ga tau.. kenapa mas said sampai diGips?sendi sikunya bergeser atau tulang sikunya yang retak mbak? semoga mas said cepet sembuh yaa..

    BalasHapus
  11. semoga lekas sembuh....................

    BalasHapus
  12. terima kasih tante Desi....iyah..pdhal waktu itu di jalan datar dan sepi...alhamdulillah :)

    BalasHapus
  13. terimakasih tante Elfi.... tulang tempurung itu spt nya.....kata abinya cuma dironsen trus di gips..tanpa dikasih obat sama sekali

    BalasHapus
  14. Syafakallah sahid kun :X,..mb rahmah terimakasih berbaginya selama ini juga saya ngak pernah perhatikan sol sepatu anak slama liat atas nya masih klihatan bagus yah sudah bahkan sepatu fathin skarang dibeli sjak lebih 1 thahun lalu swaktu playgroup berapakali mo beliin yang baru slalu tertunda karena liat masih bagus padahal solnya mmg sudah tipis loh,..baiklah isnyallah segera dibelikan untuk fathin,..makasih byk yah mb diingatkan...

    BalasHapus
  15. amin...terima kasih ammah Ju..
    pengalaman sih sejak kecil said lincah dan aktif bergerak...kadang juga kurang hati hati..namanya juga anak-anak... jadi sol sepatu biasa aku pilih yang "kesed" alias tdk mudah terpeleset..atau dr bahan karet .

    BalasHapus