Senin, 04 September 2006

gagal berhemat

" krusek...!".....suara  sesuatu dimasukkan ke dalam kotak surat pintu rumah.


"ummi...are..are..." seru salman yang telinganya langsung merespon suara "krusek" di genkan." iya ada surat , mas"  jawabku sambil terus melanjutkan suapan ke mulut sumayya. Tapi yang namanya bocah, sahutanku bukan dianggap sebagai respon pemberitahuaanya.akhirnya akupun bergegas beranjak berdiri menuju genkan dan membuka kotak yang menempel di pintu besi  itu. dua balitaku pun mengikutiku,satu merangkak,satu berlari kecil.


"ummi,...nani...nani?" tanya salman padaku."oh dari tukang listrik nak"sahutku pendek, terlalu panjang untuk menjelaskan tentang pemberitahuan dari "tepco" berapa besar jumlah energi listrik yang telah kami gunakan sebulan lalu kepada salman. walau sering aku beritahu salman akan perlunya menghemat listrik, ketika salman mulai bermain pintu kulkas.


"11.000 yen".....terbelalak aku melihat selembar kertas ditanganku."ummi..pinjam..pinjam" pinta salman ingin juga melihat apa yang dibaca ibunya."ini tempel , di situ mas ya..."seruku sampil menunjuk ke white board. tempat menempel surat surat yang harus diingat.


"bulan pengiritan dimusim panas kali ini gagal  deh", batinku. minimal untuk jangan mencapai ichi man tagihan listrik, belum tercapai. bila ingat sebulan lalu....ternyata hampir tiap hari AC window bekerja mendinginkan ruangan.


kemudian.....beberapa penyebab kenapa  benda penyedot energi  listrik besar bekerja hampir setiap hari 24 jam ,berputar di ingatanku.ya...mana tega anak anak balita ini kepanasan,peluh bercucuran membasahi badan,garuk sana garuk sini, biang keringat mulai bermunculan, tidur pun mulai tak nyaman. kalau sudah begitu.....senpuki sudah tak mempan lagi. akhirnya pendingin ruangan pun dinyalakan. yang jelas ibunya kagak usah repot ngasih bedak tabur yang memicu bersin bersin alergi.


ternyata dibalik kegagalanku menghemat biaya pajak listrik , ada beberapa keuntungan yang aku dapatkan.anak2 nyaman bobonya,biang keringat gak jadi betah nempel di leher mereka. aku pun tidak repot dengan bedak tabur yang bikin bersin.:D


bener juga ungkapan jawa" jer basuki mawa beya"yang artinya untuk mencapai suatu kebahagiaan diperlukan pengorbanan.beya disini artinya luas  sekali, salah satu nya ya biaya itu tadi......biaya  tagihan listrik yang naik beberapa ribu yen .


tentu saja sikap boros aku tidak setuju, tapi usaha berhemat haruslah diutamakan dahulu.


::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::


cerita musim panas di awal september 2006 .


 


 

8 komentar:

  1. so ne...biaya listrik selama natsu, segitu wajar kali ya...apalagi kl AC 24 jam :D :D
    kalo aku krn ga kuat dingin, jadi jarang bgt nyalain ac. paling banter sempuki doang.
    yg protes, ya dua lelaki di rumah,...yg pada ga kuat kepanasan....hehe
    kasian sih sebenarnya, tp drpd daku terkapar....ya pada dikuat2in aja :D
    kecuali dah panaaaassss bgt, baru deh nyalain ac, itu juga suhunya paling rendah 28 derajat :D
    kalo gitu, ngirit pas fuyu kali ye :D, tapi kan nyalain heater juga yah...hihi gimana dong :D

    BalasHapus
  2. mmmm wajar ya, sayang anak :D.....rin sayangi dong dua lelaki di rumah, sekali kali rina ngalah pake switer di musim panas hehehe

    BalasHapus
  3. saya dah nyalain Ac tapi azzam tetap aja mesti dibedakin, kalo nggak bagian leher pasti digaruk...trus berdarah deh...azzam gampang keringat..

    BalasHapus
  4. mbak rahma saya juga tagihan listrik paling mahal dari yg lain itu untuk th lalu tapi kali ini AC jarang dinyalain perasaan ngk panas2 amat dan ternyata coba pake kipas angin bisa juga, cuma klu malam sering juga dihidupin itu AC klu suhunya sudah 30 C, dan sudah pasti besoknya ahwaz langsung bersin dan meler hidungnya...

    BalasHapus
  5. sama dengan sumayya dong azzam....leher bagian yg paling sering biang keringat nihongonya asemo kali ya...untuk ganti bedak saya kasih polybaby yang berbentuk salep, begitu Ria,....

    BalasHapus
  6. hehe..anak saya AC plus kipas angin....kalo siang gak ber-ac, gak bisa bobo siang. tapi kalo mendung suhu 28 masih bisa sih sedikit tenang bobonya.

    BalasHapus
  7. mba rahma kalau saya malah terbalik pas musim dingin biasanya tagihan listrik melonjak, pakai ac untuk pemanas,,,,,,,,,,,, bukan berarti tagihan musim panas tidak meningkat...
    waktu balik ke indonesia dulu mereka kepanasan semua, jadi mikir nih, gimana kalau ngga ada ac? mungkin harus ada pembiasaan sedikit-sedikit kali ya................

    saya sering bilang ke ahmad kalau habis pakai listrik, tolong dimatikan lagi, mudahnya supaya ahmad mengerti saya memang tidak memakai kata hemat, tapi mahal, nanti bayar listriknya mahal, kan uangnya bisa dipaki untuk beli yang lain, sekarang ahmad sudah reflek kalo udah pakai komputer dia matikan sendiri, nonton tv gitu deh. kalau lupa ya diingatkan terus,,,,,,,,,,,gitu, bener ngga yang saya lakukan?

    BalasHapus
  8. iya betuuul dian.....ke anak2 kita mesti ngomong pake bhs anak2 ya... saya juga bilang ke trioS dg kata 'mahal'/ 'takai',kadang2 aja dg said si sulung, karena dia sambil blajar kosa kata bhs ina. maklum dah sd klas2.
    ahmad dah pinter ya..:x yuuk ganbarimashou

    BalasHapus