Rabu, 27 September 2006

penampilanku aneh?

Sepeda kuparkir, ketika sampai  depan Shimamura. Kukunci sepeda , kuangkat Salman dan kugendong Sumayya. Kuberjalan menuju pintu toko, sayup-sayup terdengar suara bocah menangis diantara gantungan baju-baju dagangan. Oh..  seorang bocah jepang sedang rewel minta gendong. " Dakkou mama...dakkou.." rengek nya  disela tangisnya"Huwa..hua..."." "Dakkou  dame da yo" ujar sang ibu. Kulihat tangannya penuh dengan baju belanjaannya. Aku berjalan melintasinya. Ah kebetulan  kulewati sederetan baju yang sedang "waribiki" harganya. Berhenti sejenak aku disitu.  Sebentar saja batinku. Karena Salman pasti gak mau ku berlama lama diantara deretan baju. Karena janjiku membeli biscuit kesukaan dua balitaku.


Kudengar tangisan bocah itu semakin mendekati ku, ketengok ke kanan ,....ah ternyata si ibu dan bocah itu udah berada di sampingku. Kudengar si ibu membujuk anaknya biar berhenti menangis. Tangisan anak itu tak berhenti walau telah digendong ibunya.Tiba-tiba kudengar "...okashii ne, nande atama ga kabutteiru,..okashii..ne....". Komentar ibu itu dengan penampilanku.:D(kira2 begini artinya: "aneh ya..kenapa kepalanya ditutupin..aneh ya..")


Aku pun tersenyum simpul mendengarnya, ku anggukkan kepala dan senyum kepada mereka berdua. Bocah pun berhenti menangis.  Tapi tiba -tiba si ibu ganti topik bicaranya " oniichan,..bla..bla". Ini jelas komentar untuk Salman yang bermain sendirian jongkok dilantai toko. Ternyata aku senyum senyum saja gak selesai-selesai senyumanku, yang mungkin membuat si ibu berubah pikiran, yang tadinya dikira diriku sama sekali tidak mengerti bahasa jepang.


Alhamdulillah.... si bocah bisa diam , si ibu belanja dengan tenang.

5 komentar:

  1. anggap saja anda wanita afrika yg berbaju aneh dan warna warni itu sedang di sebuah pertokoan di salatiga ... biasa aja gitu lho, tampil beda. :D

    BalasHapus
  2. Hi..hi...yang aneh sebenarnya siapa ya....kacian deh nihonjin itu ya...

    BalasHapus
  3. he...he...
    insya Allah jadi da'wahnya kita ya, mba Rahma

    BalasHapus
  4. masarcon, mba nonong dan mbak ani, mungkin saya(kita yg berjilbab ) aneh krn bertudung di musim panas..:D ...dg berjilbab kita sdh berperan dlm dakwah islam, identitas kita jelas, PD aja lah... semoga Islam kian bersinar di negri jepang amiin.

    BalasHapus
  5. mba rahma, kalo pas main di koen pas musim panas ya saya kena sasaran, sambil bilang atsui ne, kok nengok saya.................

    BalasHapus